Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Buku-buku yang Mengubah dan Melejitkan Bisnis Saya

Sejak kecil saya akrab dengan buku. Semua bacaan saya lahap, mulai dari komik Tatang S, petualangan Enid Blyton, Alfred Hitchcock sampai dengan buku-buku sastra Danarto, Umar Kayam, Paulo Cuelho atau buku agama Sayyid Qutb, Aidh Al Qarni yang serius. Tapi saya tidak suka baca buku pelajaran sekolah. Tidak menarik.

Dibandingkan teman-teman sebaya saya yang suka bermain di luar rumah, saya lebih senang meringkuk di kamar saja, menghabiskan waktu berjam-jam dengan membaca. Orang tua saya sering komplain, bahwa saya ini pemalas. Waktu disuruh jaga toko (orang tua saya adalah pedagang ritel), saya lebih suka duduk diam membaca, bukannya melayani pembeli.

Sebagai seorang yang selalu mencari jawab terhadap pertanyaan-pertanyaan yang saya hadapi, saya cenderung mencari jawabnya dari buku. Termasuk saat saya menghadapi persoalan-persoalan dalam bisnis yang saya jalankan.

Berikut ini adalah daftar buku yang telah mengubah kehidupan saya, khususnya dalam berbisnis. Kriteria saya adalah bila buku tersebut terus saya rujuk setiap mengadapi permasalahan. Jadi buku itu bisa saya baca berkali-kali.Tidak banyak buku yang memenuhi kriteria ini. Mungkin hanya 5% dari total buku saya.

Ini dia buku-bukunya:
1.The Seven Habits of Highly Effective People karya Stephen R. Covey. Semua orang sudah tahu betapa powerfulnya isi buku ini. Saya kenal buku ini waktu masih kuliah tahun 1994 dan sampai sekarang masih terus mempelajari dan berusaha mempraktekkan isinya.

2. Unlimited Power oleh Anthony Robbins. Buku ini saya beli dari pedagang buku loak yang sedang bazaar di kampus saya tahun 1998. Tahun 2002 saya berkesempatan mengikuti seminarnya Unleash the Power Within di Singapura bersama Pak Tung Desem Waringin. Di sinilah saya bertemu beliau. Beliau juga telah membantu menjadi pelatih bisnis saya.

3. Benih-benih Kebesaran oleh Denis Waitley. Saya beli tahun 1994. Saya pikir buku ini cukup komprehensif dibandingkan buku sejenis pada saat itu.

4. Quantum Learning oleh Bobbi DePorter & Mike Hernacki. Buku ini mengajarkan bagaimana belajar dengan lebih menyenangkan. Sayangnya buku ini saya beli tahun 1999, setelah lulus kuliah dengan nilai yang pas-pasan.

5. Rich Dad Poor Dad dan The Cashflow Kuadran oleh Robert T. Kiyosaki. Saya beli tahun 2001 secara tidak sengaja. Sampai sekarang saya sudah mengoleksi selusin buku serinya, meskipun belum banyak yang saya praktekkan.

6. The One Minute Millionaire karya Mark Victor Hansen dan Robert G. Allen. Buku ini juga sangat powerful. Inspiring dan praktis juga.

7. Kekuatan dari Fokus oleh Jack Canfield, Mark Victor Hansen dan Les Hewit. Buku ini semacam peta (road map) bagi saya. Aplikatif.

8. Who Moved My Cheese? Oleh Spencer Johnson MD. Buku ini telah berhasil memprovokasi saya. Saya tutup tiga toko saya di Tanah Abang dan akhirnya berbisnis dari rumah saja.

9. Seri Buku dari Brad Sugars. Ada sekitar 8 bukunya yang saya koleksi di antaranya: Instant Leads, Instant Sales, Instant System, Instant Team Building, dll. Buku-buku tersebut telah berhasil membuat bisnis saya menjadi lebih mudah dijalankan.

10. The E-Myth Revisited karya Michael Gerber. Buku ini adalah ‘suhu’nya dari segala buku small business. Buku wajib.

11. Tipping Point oleh Malcolm Gladwel. Ternyata hal-hal kecil yang kadang kala tidak kita perhatikan justeru menjadi faktor perubahan besar dalam kehidupan dan bisnis kita.

12. Piece of Mind oleh Sandy MacGregor. Buku ini telah mengubah saya yang sebelumnya sibuk nggak karuan menjadi lebih santai, tenang dan easy going.

13. Instant Cashflow oleh Mark G. Nolan. Meskipun saya dapat secara gratis, E-book ini telah mengubah bisnis saya menjadi seperti sekarang ini. Terima kasih, Mark Nolan.

Daftar ini mungkin akan bertambah terus. Tapi, untuk mendapatkan buku-buku dengan kriteria tersebut di atas cukup sulit. Dari ratusah koleksi saya, tiga belas ini lah yang memenuhi kriteria saya.

Anda juga punya buku-buku yang seperti ini? Kalau ada dan saya belum tahu, tolong beri tahu saya ya...
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Buku-buku yang Mengubah dan Melejitkan Bisnis Saya"

Gan...mau tanya nih..klo buku yg betul betul bagus ciri cirinya gmn sih ? Biar gk salah beli...

Anonymous
delete

ini blog jiplak tulisan orang tanpa mau kasih sourcenya dr mana... dasar penjiplak..
http://roniyuzirman.blogspot.co.id/2005/11/buku-buku-yang-mengubah-dan-melejitkan.html

Gan saya mohon pencerahaan saya nyari buku emyth revistednya michael e gerber susah e. Ada refrenshi jual ato agan mau menjual ato meminjamkan kah. Sharing itu indah gan. Trimakasig

Gan saya mohon pencerahaan saya nyari buku emyth revistednya michael e gerber susah e. Ada refrenshi jual ato agan mau menjual ato meminjamkan kah. Sharing itu indah gan. Trimakasig

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top