Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Contoh Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Dua potong berita dari harian POS KOTA dan Trans TV mengusik perhatian saya dan membekaskan rasa miris berkepanjangan. Pertama, berita yang termuat pada 1 Maret 2007, yakni “ Ahmad Algofari (18), pelajar SMA Desa Cilebut Timur, Sukaraja, Bogor, tangannya tertebas pedang hingga buntung dalam tawuran di Kampung Cilebut. Tawuran tersebut diduga sebuah upaya balas dendam para pelajar…”. Kedua, berita yang termuat pada Cerita Pagi Trans TV hari senin pukul 08.00 tanggal 26 Maret 2007, yakni “Terjadi perkelahian massal antara SMK Kartika Jaya dan SMK 4 yang juga melibatkan sejumlah mahasiswa. Sejumlah pelajar menyebutkan perkelahian ini terkait dengan perselisihan antarpelajar yang terjadi sebelumnya.”
Salah satu persoalan yang menyita perhatian para guru di zaman kini adalah jika siswanya terlibat perkelahian atau tawuran. Kedua potongan berita di atas menunjukan bahwa persoalan kekerasan yang dilakukan oleh pelajar bukan lagi persoalan jagad pendidikan di Jakarta, Ibukota negara, tetapi di daerah-daerah atau di banyak pelosok negeri ini. Para guru dan pengelola kependidikan di mana pun dan jenjang apa pun dibayangi kemungkinan mesti menghadapi persoalan-persoalan para siswanya, baik yang memulai perkelahian maupun yang sekedar menjadi korban.
Alasan-alasan yang muncul dari para siswa yang terlibat itu biasanya bernada klise seperti membela teman, didahului, solider, membela diri, atau merasa dendam. Penyebab tersembunyi banyak tawuran adalah rasa bermusuhan yang diwariskan secara turun temurun dari angkatan ke angkatan berikutnya.
Pelajar atau siswa yang terlibat dalam tawuran pelajar adalah mereka yang masih duduk disekolah menengah dan usia mereka tergolong masih remaja. Masa remaja adalah usia transisi, ahli psikologi menganggap masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak kemasa dewasa, yaitu terjadinya perubahan psikis dan fisik secara sederhana dan umum menurut ukuran masyarakat maju, masa remaja itu lebih kurang antara 13 tahun dan 21 tahun.
Pemuda sebagai pelajar adalah modal bagi terlaksananya tujuan ke masa depan. Selain itu pemuda juga merupakan tombak perubahan zaman dan jawaban sebuah peradaban, seperti yang dikemukakan oleh ulama besar Hasan Al-Bana sebagaimana di kutip oleh koesmarwati bahwa pemuda adalah pilar kebangkitan, setiap kebangkitan pemuda adalah rahasia kekuatannya. Pada setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya.
Remaja selaku tunas bangsa akhir-akhir ini semakin menarik semua kalangan baik dari kalangan orang tua, guru maupun anggota masyarakat. Di media massa baik cetak maupun elektronik banyak membicarakan remaja yang suka mencuri, remaja yang suka minum beralkohol dan remaja yang melakukan perkelahian terutama perkelahian pelajar antarsekolah.
Masalah tawuran pelajar adalah masalah yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan terutama diwilayah DKI Jakarta hampir setiap media massa yang ada di kota Jakarta memberitakan permasalahan tawuran pelajar. Terlebih lagi belakangan ini kasus tawuran pelajar telah banyak menimbulkan kerugian berbagai pihak dan mencemaskan para orang tua, karena takut akan membawa kehancuran pada diri remaja itu sendiri dan masyarakat luas. Oleh karena itu semua pihak terutama para orang tua dan guru sibuk memikirkan bagaimana cara mengatasi tawuran pelajar tersebut dan menghindarkan mereka dari faktor-faktor yang mengarah pada tindakan –tindakan itu.
Dengan demikian dapat disinyalir bahwa tawuran pelajar yang terjadi akhir-akhir ini menunjukan peningkatan permasalahan yang sangat signifikan dan memprihatinkan, karena bukan hanya menimbulkan korban yang luka ringan tetapi juga korban yang meninggal dunia, baik dari kalangan pelajar itu sendiri maupun yang terkena diakibatkan tawuran pelajar tersebut.
Di sisi lain perilaku dan akhlak sebagai siswa sangat jauh disparitas antara cita dan dan fakta. Data menunjukan kenakalan dan tawuran semakain memprihatinkan, penyalahgunaan narkoba sudah sampai pada tahap membahayakan, pergaulan bebas dan gaya hidup permisivisme semakin meningkat, kebiasaan bergerombolan dipinggir jalan dan mejeng-mejeng dipusat perbelanjaan (Mall) telah menjadi hal yang biasa, semua ini menjadi bukti ada yang salah dalam proses kegiatan yang dilakukan para siswa disekolahnya.
Mengantisipasi perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam era globalisasi, aspek kualitas keimanan dan ketakwaan yang perlu dibangun pada setiap diri siswa tidak terbatas pada sisi jasmani dan mental kecerdasan saja, akan tetapi meliputi kemampuan siswa menapis (filter) pengarah perubahan zaman. Kekuatan daya tapis ini banyak ditentukan dari tingkat penghayatan dan pengamalan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT yang telah dimiliki masing-masing siswa.
Kualitas keimanan, ketakwaan dan keagamaan berfungsi meringankan dan membebaskan manusia yang terlibat konflik kejiwaan dari tekanan penderitaan dan juga memberikan ketenangan, kekuatan batin dan kecerahan. Seperti yang dikemukakan oleh Dr. HC Link yaitu tak ada manusia yang dapat memberikan sesuatu yang dapat dibandingkan dengan apa yang diberikan oleh Agama pada anda. Beruntunglah anda mempunyai agama untuk menjadi sandaran Rohani.
Untuk mencegah terjadinya tawuran pelajar, kegiatan yang berada disekolah harus ditingkatkan terutama pada kegiatan dakwah yang menjadikan diri siswa tersebut terlepas dari tindakan-tindakan yang merugikan diri siswa itu sendiri. Contoh dari kegiatan Dakwah Sistem Langsung (DSL) tersebut yang dilakukan para siswa: Kegiatan Ceramah Jum’at Keputrian,Pengajian Kelas, Mentoring, Sholat Jum’at, Tadarus Al-Qur’an, Pendalaman Materi, Latihan Marawis, Nasyid maupun Qosidah.
Berdasarkan gambaran pokok pikiran tersebut, penulis ingin melakukan suatu kegiatan penelitian secara ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul “ Upaya Pencegahan Tawuran Pelajar Melalui Kegiatan Dakwah: Studi Pada Dakwah Sistem Langsung (DSL) SMKN 8 Jakarta”.

PEMBATASAN DAN PERUMUSAN MASALAH
Agar pembahasan tidak terlalu meluas, penulis merasa perlu memberikan batasan serta rumusan permasalahan sebagai berikut :
Batasan Masalah
Untuk mempermudah didalam memahami skripsi ini, penulis membatasi bagaimana Upaya Pencegah Tawuran Pelajar Melalui Kegiatan Dakwah dengan pendekatan Dakwah Sistem Langsung (DSL) di SMKN 8 Jakarta .
Rumusan Masalah
Dari batasan masalah diatas, maka penulis merumuskan sebagai berikut :
Bagaimana pendekatan metode Dakwah Sistem Langsung (DSL) dalam upaya pencegahan tawuran pelajar di SMKN 8 Jakarta?
Bagaimana analisis pengembangan kegiatan dakwah yang dilakukan di SMKN 8 Jakarta dalam upaya pencegahan tawuran pelajar dengan menggunakan analisis SWOT?

TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN
Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui apa saja pendekatan metode yang digunakan dalam upaya pencegahan tawuran pelajar melalui kegiatan DSL
Untuk mengetahui analisis dakwah sistem langsung dengan menggunakan analisis SWOT pada SMKN 8 dalam upaya pencegahan tawuran pelajar.
Kegunaan Penelitian
Dapat diketahui dengan sistematis mengenai upaya pencegahan tawuran pelajar melalui kegiatan dakwah terutama mengatasi tawuran pelajar, hal ini diharapakan akan memberikan pengaruh yang positif bagi siswa.
Dapat menjadi masukan bagi para orang tua, guru dan pihak-pihak yang terkait serta memberikan motivasi untuk lebih berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan dakwah sistem langsung terhadap anak dan siswa yang bermasalah.
Untuk menambah Khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

METODOLOGI PENELITIAN
Dalam upaya memperkaya data dan lebih memahami fenomena sosial siswa yang teliti, serta usaha menambah informasi dalam menyusun skripsi ini maka penulis menggunakan beberapa metode, antara lain :
Metode penelitian
Berdasarkan permasalahan diatas maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun pengertian dari penelitian kualitatif adalah menurut Bagdan dan Taylor (1975) seperti yang dikutip Lexy J. Moleong dalam bukunya ialah bahwa penelitian kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati.
Penetapan Lokasi Penelitian
Adapun lokasi data penelitian ini adalah di SMKN 8 Jakarta Jln. Raya Pejaten Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tlp. 021-7996493

Waktu Penelitian
Waktu penelitian yang saya lakukan mulai dari tanggal 14 Mei 2007 sampai dengan tanggal 28 Mei 2007
Unit Analisis
Yang dimaksud dengan unit analisis dalam penelitian adalah satuan tertentu yang diperhitungkan akan menjadi subjek penelitian. Dalam penelitian ini unit analisis yang dimaksud adalah guru pembimbing atau koordinator kegiatan Dakwah Sistem Langsung (DSL) di SMKN 8 Jakarta.
Metode Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data yang penulis butuhkan berdasarkan permasalahan maka penulis menggunakan instrumen pengumpulan data sebagai berikut:
Wawancara, yang dimaksud adalah percakapan dan tanya jawab yang diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu. Di lakukan guna untuk memperoleh informasi dan keterangan langsung dari informan. Dalam hal ini penulis mewawancarai pihak yang terkait yakni seperti guru pembimbing atau koordinator kegaitan Dakwah Sistem Langsung (DSL) serta pihak lainnya yang bisa membantu dalam melengkapi skripsi ini.
Observasi, yakni memperhatikan secara akurat, mencatat yang muncul dan mempertimbangkan hubungan antara aspek dalam fenomena tersebut. Yang dilakukan guna untuk mengamati dan mencatat kondisi objek dengan melihat pelaksanaan kegiatan dakwah sistem langsung (DSL).
Telaah pustaka, berupa pengumpulan data dan informasi dari sumber tertulis yang memiliki hubungan dengan masalah yang sedang diteliti berupa buku, majalah, koran, dan sebagainya.

Sumber Data
Sumber data adalah subjek utama dalam meneliti masalah diatas untuk memperoleh data-data konkrit, adapun sumber data dalam penelitian ini adalah:
Sumber Data Primer: yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pembimbing atau koordinator kegiatan Dakwah Sistem Langsung (DSL).
Sumber Data Sekuknder: yang menjadi sumber data sekunder dari penelitian ini adalah buku-buku dan berbagai literatur yang berhubungan dengan aktivitas peranan kegiatan dakwah sistem langsung dalam upaya pencegahan tawuran pelajar.

Analisa Data
Yang dimaksud dengan analisa data adalah “proses penyederhanaan data kedalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan di interpretasikan”. Setelah data-data yang diperlukan terkumpul dengan menggunakan proses induktif. Di katakan induktif karena peneliti tidak memaksakan diri untuk hanya membatasi penelitian pada menerima atau menolak dugaannya, tetapi memahami situasi, dengan situasi tersebut menampilkan diri.
Teknik Penulisan
Penulis gunakan pada buku Pedoman penulisan Karya Ilmiah (skripsi, tesis dan desertasi) UIN Syarif Hidayatullah tahun 2007.

TINJAUAN PUSTAKA
Dalam menyusun skripsi ini, telah dilakukan tinjauan pustaka oleh penulis dan ternyata ada beberapa mahasiswa/I sebelumnya menulis dalam masalah yang hampir sama bahkan menyerupai dengan judul yang akan penulis buat. Oleh karena itu, untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ”menduplikat” hasil karya orang lain, maka penulis perlu mempertegas perbedaan antara masing-masing judul dan masalah yang dibahas, yaitu sebagai berikut :
“ Implementasi Program Mentoring Agama Islam Dalam Pemberdayaan Kualitas Keberagamaan Remaja ” oleh YUSNIARNI / NIM 9954017602 / PMI 2005
Masalah : Temuan dan Analisa Implementasi Mentoring Agama Islam Dalam Pemberdayaan Keberagamaan di SMKN 8 Jakarta.
Sedangkan judul skripsi penulis “ Upaya Pencegahan Tawuran Pelajar Melalui Kegiatan Dakwah “ sekilas memang tampak hampir sama, namun kalau dilihat lebih dalam materi utama yang dibahas sangat berbeda. Penulis membahas tentang bagaimana “Upaya Pencegahan Tawuran Pelajar Melalui Kegiatan Dakwah dan apa faktor pendukung dan penghambat kegiatan dakwah di SMKN 8 Jakarta “.

SISTEMATIKA PENELITIAN
Skripsi ini dibahas dalam lima bab, yaitu sebagai berikut :
Bab I : Merupakan Pendahuluan yang menjelaskan, Latar Belakang Masalah, Pembatasan dan Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Metodologi Penelitian, Tinjauan Pustaka, Sistematika Penulisan;.
Bab II : Dalam bab ini dibahas tentang Pengertian Tawuran Pelajar, Faktor-faktor Penyebab Tawuran Pelajar, Tawuran Pelajar Sebagai Delinkuensi; dan Pengertian Dakwah, Pengertian DSL, Kepentingan DSL, Pendekatan DSL.
Bab III: Dalam bab ini dibahas tentang gambaran umum SMKN 8 Jakarta: yang meliputi Identitas Sekolah, sejarah dan perkembangan Dakwah Sistem Langsung (DSL) dan juga struktur organisasi di SMK N 8.
Bab IV:Upaya Pencegahan Tawuran Pelajar Melalui Kegiatan Dakwah: Pelaksanaan Metode Kegiatan DSL, Faktor Pendukung dan Penghambat, Analisa SWOT.
Bab V : Merupakan bab penutup yang terdiri dari Kesimpulan dan Saran-saran.




















DAFTAR ISI


ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Pembatasan dan Perumusan Masalah
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Metodologi Penelitian
Tinjauan Pustaka
Sistematika Penulisan

BAB II TINJAUAN UMUM TAWURAN PELAJAR DAN KEGIATAN
DAKWAH

Tawuran Pelajar
Pengertian Tawuran Pelajar
Faktor-faktor Penyebab Tawuran Pelajar
Tawuran Pelajar Sebagai Delinkuensi

Kegiatan Dakwah
Pengertian Dakwah
Pengertian Dakwah Sistem Langsung (DSL)
Kepentingan Dakwah Sistem Langsung (DSL)
Pendekatan Dakwah Sistem Langsung (DSL)

BAB III GAMBARAN UMUM SMKN 8 JAKARTA DAN DAKWAH
SISTEM LANGSUNG (DSL)

Identitas SMKN 8 Jakarta
Sejarah dan Perkembangan Dakwah Sistem Langsunng (DSL)
SMKN 8.
C. Struktur Organisasi

BAB IV UPAYA PENCEGAHAN TAWURAN PELAJAR MELALUI KEGIATAN DAKWAH SMKN 8 JAKARTA

Melalui Pendekatan Metode Dakwah Sistem Langsung
1. kegiatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
2. Kegiatan Mentoring
3. Kegiatan Mandiri
Analisa SWOT

BAB V PENUTUP

Kesimpulan
Saran


DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
17 Komentar untuk "Contoh Skripsi"
Anonymous
delete

terima kasih ada contoh skripsi jd sy dapet ilmu baru.

Anonymous
delete

heLLow,,,
ahha:]

tieRa..l

selamat pagii... salam kenal... nice blog..

Anonymous
delete

hai....slmat pagiii...salam kenal....aku noura.

Anonymous
delete

Wah hebat mas Yudhi
Terus berkarya ya mas..agar blog-nya terupdate terus

Salam Sukses
www.ContohSkripsi.com

Anonymous
delete

thnk's y atas info ny.?

oia, salam kenal bwt temn di Blogger dan d selruh belahan dunia.
ni blog aq..

siip mas, makasie ya atas infonya...

Anonymous
delete

mas ada contoh skripsi dkwahnyang ain ggkkk...penting bgt nh.

Anonymous
delete

tolong kirimkan contoh proposal tentang pendidika jasmani dan kesehatan ya..... sebelumnya trim's.

okey lah... tapi kenapa ko' gak lengkap? biar bisa langsung copy paste..he..he...

aneisya
delete

thankz...
dgn adanya contoh skripsi ini saya jadi tidak bingung.

KEREN...DGN INI SAYA LBH NGERTI BUAT SKRIPSI..
TQ ALL...

yang pake kerangka teorinya ada ga'?

wah,,thanks banget nih blognya...
maklum msh bingung dgn sistematika penulisan.^_^

Download skripsi gratis klik www.skripsigratis.0fees.net Skripsi Lengkap Akuntansi,Skripsi Lengkap Kepemerintahan,Skripsi Lengkap Bahasa Inggris,Skripsi Lengkap Ilmu Ekonomi,Skripsi Lengkap Hukum Militer,Skripsi Lengkap Ekonomi Manajemen,Skripsi Lengkap Ekonomi Pembangunan,Skripsi Lengkap Hukum Pidana,Skripsi Lengkap Hukum Perdata,Skripsi Lengkap Hukum Tata Negara,Skripsi Lengkap Ilmu Hukum,Skripsi Lengkap Ilmu Komunikasi,Skripsi Lengkap Kedokteran,Skripsi Lengkap Keperawatan,Skripsi Lengkap Kesehatan Masyarakat,Skripsi Lengkap Ilmu Komputer,Skripsi Lengkap Manajemen,Skripsi Lengkap Manajemen Keuangan,Skripsi Lengkap Manajemen Pemasaran,Skripsi Lengkap Manajemen SDM,Skripsi Lengkap Matematika,Skripsi Lengkap Pendidikan Matematika,Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Inggris,Skripsi Lengkap Pendidikan Bahasa Indonesia,Skripsi Lengkap Pendidikan Biologi,Skripsi Lengkap Pendidikan Ekonomi,Skripsi Lengkap Pendidikan Fisika,Skripsi Lengkap Fisika,Skripsi Lengkap Pendidikan Kimia,Skripsi Lengkap Pendidikan Matematika,Skripsi Lengkap Pendidikan Teknik Elektro,Skripsi Lengkap Sosiologi,Skripsi Lengkap Perhotelan,Skripsi Lengkap Teknik Telekomunikasi,Skripsi Lengkap PPKN,Skripsi Lengkap PAI n Tarbiyah,Skripsi Lengkap Teknik Sipil,Skripsi Lengkap Teknik Mesin,Skripsi Lengkap Teknik Elektro,Skripsi Lengkap Teknik Informatika,Skripsi Lengkap Sejrah,Skripsi Lengkap Teknik Pertambangan,Skripsi Lengkap Teknik Industri,Skripsi Lengkap Teknik Pertanian,Skripsi Lengkap Psikologi,Skripsi Lengkap Administrasi Public,Skripsi Lengkap Agama Islam,Skripsi Lengkap Administrasi Negara,Skripsi Lengkap Administrasi Niaga,Skripsi Lengkap Sistem Informasi,Skripsi Lengkap Syariah,Skripsi Lengkap Bimbingan Konseling,Thesis

Contoh skripsi beserta proses pembuatannya ada disini..!

artikel yang bermanfaat..

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top