Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Data, informasi dan metadata

Tips dan Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com

Djoni Darmawikarta
djoni_darmawikarta@yahoo.ca
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan
secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus
atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap
dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin
terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
Beberapa hari yang lalu seorang teman bertanya: Apa bedanya informasi dengan data? Teman saya
tersebut hanyalah pemakai komputer, bukan orang teknis. Berikut jawaban saya kepadanya.
Andaikan kita memiliki sebaris data dengan 5 elemen sebagai berikut:
Gatot Sardjono 33 Pengemudi 2000000 1-JAN-1990
Dari pengalaman, kita bisa menerka data apakah ini. Menurut teman saya ini data karyawan. Apa
dasar terkaannya? Jawabnya: Angka 33 adalah umur karyawan yang bernama Gatot Sardjono, yang
berjabatan Pengemudi, menerima gaji Rp. 2 juta, dan 1-JAN-1990 adalah tanggal lahirnya. Saya
berkomentar bahwa kemungkinan lain yang juga masuk akal adalah bahwa angka 33 adalah masa
bakti dan 1-JAN-1990 adalah tanggal masuknya keperusahaan.
Dia dengan sigap menyimpulkan bahwa dengan memberi konteks barulah data akan berguna untuk
pemakainya. Konteks bisa berasal dari pengalaman atau pengetahuan pemakainya.
Saya menambahkan: Tetapi yang paling baik adalah bila semua pemakai suatu data mengacu pada
satu definisi yang pasti dari setiap elemen data tersebut, dan definisi ini dibuat oleh pemilik data.
Bila kita memiliki tambahan data sebaris lagi sebagai berikut:
Kartika Raharjo 150 Receptionist 2000000 1-JAN-2000.
Andaikan kita belum mengetahui definisi elemen kedua baris data diatas, apakah kita masih berani
mengatakan bahwa angka 33 dan 150 adalah umur atau masa bakti? Teman saya mengatakan,
setelah menganalisa kedua baris data tersebut: Lebih masuk akal, angka ini adalah nomor karyawan,
karena tidak mungkin 150 adalah umur. Saya menyangkal: Bagaimana kalau satuan angka ini
adalah bulan, bukan tahun.
Sekali lagi, terbukti pentingnya konteks atau lebih tepatnya definsi yang pasti dari setiap elemen
data. Dengan konteks barulah kita bisa memperoleh informasi dari data dengan benar. Inilah
adalah jawaban saya atas pertanyaan teman saya diatas: Apa beda informasi dari data? Saya ulang
jawaban ini: Informasi disiratkan dari data dengan menggunakan definisi dari elemen data yang
dibuat oleh pemiliknya.
1

Tips dan Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Dalam bahasa teknis, sebagai data architect, saya katakan: Metadata (definisi dari data) merupakan
bagian data yang sangat menentukan agar data yang kita miliki dan kelola memberikan informasi
yang benar dan berguna untuk para pemakainya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Data, informasi dan metadata"

Terimakasih banyak ata informasinya...

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top