Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Farmasi

Toksisitas
adas memiliki sedikit efek narkotik dan dapat menyebabkan terjadinya kejang. Bagi penderita epilepsi, adas dapat menjadi pencetus terjadinya serangan epilepsi dan bagi orang yag jiwanya tidak stabil adas dapat menimbulkan halusinasi.
efek yang tidak diinginkan
pada beberapa kasus pernah terjadi alergi kulit dan masalah pada saluran pernapasan. Minyak adas pada dosis 10-15 ml dapat menimbulkan udema paru-paru. Pada pengobatan beberapa penyakit di Maroko, dosis terapetik dapat mencetuskan etrjadinya serangan epilepsi dan orang-orang tertentu dapat menimbulkan halusinasi. Minyak asiri dalam bentuk nurni dapat menyebabkan timbulnya kekejangan saluran pernapasan terutama pada anak kecil dan peradangan usus serta mempunyai aksi iritasi.

C. Kecubung
1. Nama Daerah
Kecubung jawa tengah

2. Nama Farmasi
Simplisia tanaman :
Brugmansia candida fios
Birugmansia candida folium

3. Uraian tentang tanaman
Perdu, tinggi dapat mencapai 2-5 m. batag tegak berkayu, bentuk bulat, bercabang, putih kotor, dau tunggal, berbentuk bulat telur, ujung runcing tepi helai daun bergerigi, pangkal tumpul, pertulangan daun menyirip, tangkai bulat, berambut hijau. Bunga tunggal, muncul dari ketiak daun, menggantung, bertangkai, kelopak berbentuk hkantong, warna hijau, mahkota bentuk terompet, berbagi 5, warna putih, benang sari 5, panjang tangkai sari dapat mencapai 1-13,5 cm, kepala sari berbentuk lanset, warna coklat keputih-putihan, kepala putih berwarna kuning muda. Buah buni, lanset, berambut rapat, cokelat, biji berkulit tebal, abu-abu. Akar tunggang, berwarna kuning kotor.
4. Bagian tanaman yang digunakan
Daun dan bunga
5. Kegunaan
Secara tradisional, bunga dan daun kecubung telah dikenal sebagai obat sesak napas. Bagia tanaman ini digunakan dengan cara dirokok (yang dimanfaatkan adalah asapnya).
6. Kandungan kimia
Kandungan aktif yang ada di daun adlaahs enyawa dari kelompok alkaloid, yaitu skopolamina dan antrpina yang bersifat memabukkan serta bereaksi keras terhadap tubuh. Karena sifatnya ini maka masyarkat menganggap bahwa daunnya beracun. Kandungan aktif yang ada kaitannya dengan pengobatan penyakit asma adalah ascorbic acid, atropine, dan scopolamine yang terkandung dalam daun dan bunga.

D. Kopi
1. Nama Daerah
Kopi (umum, Indonesia, melayu, Jawa, Sunda, Madura, Bali, Maluku, Sulawesi)
2. Nama Farmasi
Simplisia taman : Coffea Semen.
3. Uraian tentang tanaman
Kopi merupakan tanaman perdu tahunan, tinggi tanaman dapat mencapai 5 m. batang berkayu, keras, tegak, dan berwarna putih kotor. Daun tunggal, bentuk bulat telur, permukaan mengilat.
Bunga majemuk, bentuk payung, muncul dari ketiak daun. Buah kecil, bentuk bulat telur, hijau ketika muda dan merah bila sudah masak.
Biji keras, bentuk bulat telur, berbelah dua, berwarna putih kotor. Kopi sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia, tetapi berasal dari Afrika. Pada jaman penajajahan Belanda, VOC mendatangkan bibit kopi arabika dari malabar dan dicoba ditanam di pulau jawa. Pada akhirnya, tanaman kopi dapat tumbuh dan berkembang baik dihampir seluruh wilayah Indonesia. Hingga sekarang dikenal ada 3 jenis kopi, yaitu kopi arabika, liberika, dan kopi rabusta. Jenis kopi yang pertama-tama dibudidayakan di Indonesia adalah kopi Arabika. Namun, jenis ini tidak tahan terhadap penyakit daun kopi yang disebut Hemelia Vastratix. Kemudian para petami mulai menanam jenis kopi liberica yang dinilai lebih tahan terhadap penyakit tersebut. Dengan adanya jenis baru yang lebih unggul, yaitu kopi rabusta, maka sampai sekarang yang banyak diusahakan diperkebunan adalah jenis kopi.

4. Bagian tanaman yang digunakan
Biji
5. kegunaan
Kopi sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak dahulu, baik sebagai minuman penyegar maupun sebagai bahan obat tradisional. Secara tradisional, kopi berkhasiat sebagai penahan kantuk,
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Farmasi"
Anonymous
delete

bagus juga artikelnya, tulis tentang hebal yang lain dong :)

http://www.informasi-obat.com

Anonymous
delete

iya nanti aku cari referensi lagi tntang hebal.maksih ats kunjungannya.thnks

Anonymous
delete

pengen referensi menarik tentang kesehatan, ebook kedokteran dan farmasi, free download, dll?join di forum farmasi http://farmasi.co.nr
Bonus keanggotaan VIP member gratis bagi 10 orang pertama yang mencapai 30 posting.
Buruan....karena hanya 10 orang saja yg akan mendapatkan VIP member dengan segudang akses.

mantab tulisannya... Indonesia yang kaya akan potensi obat herbal, harus terus digali dan dan distandarisasi. Biar tidak kalah sama Jerman yang sudah mulai menstandarisasi dan meresepkan herbal dalam dunia kedokterannya.

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top