Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

LAYAKKAH KITA DICINTAI?

Bertanyalah kita. Hari ini. Sejenak saja. Kepada diri sendiri. Tentang sebuah lambang keberartian dan makna hidup yang sangat mendalam: kelayakan untuk dicintai. maka, layakkah kita dicintai?
Ya,layak dicintai adalah lambang keberartian. sebab cinta tak dipersembahkan untuk padang jiwa yang hampa. tidak juga untuk karya-karya yang tak bermakna. hanya bila kita berguna, maka kita layak dicintai. hidup tak akan memberi ruang untuk orang-orang yang kikir atau degil, yang hanya bisa merusak dan tak pernah bisa membangun. yang hanya pandai mengkhianati, menyakiti, dan tak pernah berdaya untuk merajut kembali. yang hatinya beku dan tak pernah mampu mengilhami. hanya bila kita berarti, maka kita layak dicintai.
kelayakan dicintai adalah definisi dari sebuah kapasitas diri. kapasitas yang diukur dari sejauh mana kita memiliki harga. Dalamwujud amal nyata dan peran-peran yang berbukti. bukan status, apalagi sekadar hiasan performa dan gincu-gincu kepalsuan.
Nilai umum dari oreang yang layak dicintai adalah kemanfaatan dirinya bagi kehidupan, bagi sesama, dan bagi keberlangsungan hidup diri dan orang lain. ini tidak saja pesan bagi orang-orang yang sedang memburu cinta, para pemimpin yang mengais-ngais cinta rakyatnya. presiden yang merayu-rayu cinta pemilihnya. tapi juga untuk siapa saja yang ingin mendapat kelayakan untuk dicintai.
Layakkah anda dicintai adalah pesan sosial yang menegaskan bahwa keberadaan kita di kehidupan ini, dirumah, di tempat bekerja, di masyarakat, di tempat belajar, di kursi-kursi jabatan mewah, harusnya mencerminkan kehidupan yang menjawab pertanyaan tersebut. siapa yang tidak berguna, tidak memberi manfaat bagi kehidupan ini sesungguhnya memang tidak layak untuk mendapatkan cinta, dari siapapun.
Bila daya manfaat dan keberartian merupakan labuhan cinta, maka sumber dan mata air keberartian itu ada pada kekuatan kejujuran, dalam pengertiannya yang sangat luas. sebabnya adalah, kejujuran itu yang akan memberi kita kekuatan untuk selalu meniti jalan hidup ini sesuai arah dan alurnya. sebab di sanalah kekuatan untuk memberi manfaat itu menemukan mata airnya. pada wilayah kebersamaan dengan orang lain, kejujuran adalah garansi yang menjawab tertunaikannya hak orang lain dari diri kita, dalam bentuk apa saja.
Maka seorang pemimpin yang jujur dan kepemimpinannya memberi manfaat bagi rakyatnya, pasti dicintai oleh rakyatnya. seorang pegawai yang jujur dan berdaya manfaat akan dicintai oleh orang-orang yang diurusnya. seorang menteri yang jujur dan berguna akan dicintai oleh masyarakatnya. seorang pengusaha yang jujur dan berbagi manfaat akan dicintai oleh sesama. begitu seterusnya. seperti dijelaskan Rasulullah,"Sebaik-baik pemimpin kalian, adalah yang kalian cintai dan merekapun mencintai kalian. yang kalian doakan, dan mereka pun mendoakan kalian.
Pada setiap jengkal wilayah sosial kita, selalu ada tempat untuk bertanya tentang itu: layakkah kita dicintai? seperti bila kita seorang suami. Ada banyak karunia pada status itu. tapi bukan karena status itu semata kita layak dicintai. tapi pada apa yang kita ciptakan dengan status itu, pada kejujuran kesuamian kita. ketulusan untuk berkorban, berupa manfaat untk orang-orang yang ada di rumah kita sendiri: anak-anak, istri, atau keluarga lainnya. begitupun menjadi seorang istri juga status. pada fungsi dan daya menfaatnya status itu menjadi landasan kelayakan untuk dicintai.
Maka sebuah tragedi tentang seorang pangeran Inggris, misalnya, adalah sekelumit kisah tentang rumitnya cinta berlabuh pada tempat yang tidak layak. sang pangeran adalah pewaris tahta kerajaan. mendiang istrinya pun cantik rupawan. tapi nyaris tak ada kejujuran di sana. maka tak ada cinta di sana. kejujuran yang hilang telah mengubah pencarian cinta menjadi hanya setumpuk petualangan selera dan hawa nafsu.
Sebaliknya lihatlah anak-anak kecil di sekitar kita. polos, lugu. dan tak berdosa. kejujuran mereka benar-benar sempurna. maka anak-anak selalu layak dicintai. dengan sepenuh hati. dan kenyataannya memang begitu. orang-orang tua bahkan rela berkorban apa saja demi buah hati mereka. sebab anak-anak itu selalu memancarkan ketulusan. tak ada dusta, tak ada khianat, apalagi dengki dan hasad. Anak-anak adalah kejujuran itu sendiri. Itulah mengapa Al-Quran menamai mereka dengan "qurrotaa'yun", yang indah dipandang mata. sebab sejujurnya di sana ada ketulusan yang tak berbicara dengan kata-kata. di sana ada kejernihan yang memantulkan cahaya.
Tetapi karunia iman memberi kekuatan lain pada makna kelayakan itu. di sini keberartian menjadi sempurna. beriman, berdayaguna, taat, dan kemudian memberi manfaat untuk kehidupan sesama. maka sebaik-baik orang mukmin adalah yang paling banyak memberi manfaat bagi orang lain. tak ada yang bisa melakukan sesuatu yang sangat istimewa, melebihi apa yang bisa dilakukan oleh kekuatan iman.
Karenanya kelayakan dicintai pada dimensi yang paling mendalam adalah kemampuan seorang manusia untuk bisa mengerti apa yangt seharusnya dilakukan sebagai seorang hamba yang diciptakan Allah di muka bumi. yang kelak akan mati, lalu dimintai pertanggungjawaban. maka ia akan memburu cinta-Nya, agar layak dicintai. pada perburuan cinta itu lantas berhamburan amal-amal dan kebaikannya, untuk orang-orang yang ada diekelilingnya. Maka profesi dan status tak kuasa membendung aliran kebaikan-kebaikan itu. sebab profesi dan status itu hanya lorong-lorong tempat orang-orang yang layak dicintai itu mengalirkan arus kebaikannya.
Bertanyalah kita. hari ini. sejenak saja. tentang hiruk pikuk pergulatan hidup yang kita jalani. tentang rumah tangga yang terbilang tahun kita arungi. dijenak-jenak lelah dan godaan bosan yang menghantui. atau tentang kerja-kerja duniawi yang menguras akal budi. di sela oleh mimpi dan keinginan memiliki bertumpuk rezeki. atau tentang perburuan jabatan yang berlumur ketidakadilan. atau tentang belahar di meja-meja buku yang tak kunjung usai. di tingkahi malas dan lambaian jalan menyimpang yang merajuk merayu. ADAKAH SEMUA ITU MENGANTARKAN KITA MENJADI ORANG YANG LAYAK DICINTAI?
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "LAYAKKAH KITA DICINTAI?"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top