2008-01-24

MASALAH KEMANUSIAAN

1. MASALAH KEMANUSIAAN

a. Kemiskinan
Kemiskinan merupakan salah satu masalah kemanusiaan yang tidak pernah ada habisnya. Angka kemiskinan yang selalu meningkat berdampak kepada kecemburuan sosial yang dialami dalam masyarakat kita sehingga hal ini mengakibatkan adanya jurang pemisah antara si miskin dengan si kaya.
* Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Adanya pemberian subsidi yang tepat bagi masyarakata dengan jalan menciptakan lapangan pekerjaan untuk sehingga mereka pun juga bisa menjadi manusia yang produkif yang dapat menghasilkan sesuatu sehingga tingkat kemiskinan dari pengangguran pun dapat berkurang.


b. Korupsi
Korupsi sudah bukan merupakan suatu hal yang dianggap tabu oleh masyarakat karena korupsi secara terang-terangan sering terjadi di negara kita.
Mengapa korupsi susah untuk dibrantas ?
Karena baik para birokrat maupun masyarakatnya sendiri sudah terbiasa melakukan hal tersebut dan bahkan sudah menjadi kebudayaan yang negatif.
• Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Adanya penuntasan korupsi sampai ke akar-akarnya. Dan pemberian sanksi hukum yang tegas tanpa melihat apakah dia orang penting atau tidak, kaya atau miskin dan sebagainya. Mungkin hal ini dapat meminimalisir angka korupsi di Indonesia.


c. Kebijakan Konversi Minyak Tanah Ke Gas Elpiji
Kelangkaan minyak tanah yang terjadi beberapa waktu yang lalu mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan ini. Hal ini dilakukan agar masyarakat sekitar tidak mengalami kesulitan dalam menemukan bahan bakar untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Tetapai kebijakan ini juga mengalami hambatan seperti minimnya pengetahuan masyarakat mengenai cara pemakaian gas dan lain sebagainya.
* Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Pemerintah harus memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat mengenai cara pemakaian gas agar masyarakat tidak bingung untuk menggunakannya serta dapat proaktif terhadap usaha pemerintah untuk mengkonversikan Gas Elpiji.
Dan juga pemberian gas harus diperhatikjan agar tidak salah sasaran.


2. MASALAH NILAI-NILAI KEMANUSIAAN

a. Penganiayaan
Penganiayaan sering terjadi disekitar masyarakat kita padahal ini termasuk pelanggaran HAM. Dan juga memiliki sanksi yang berat bagi pelaku penganiayaan tersebut. Tapi mengapa hal ini terus terjadi. Bagaimana masyarakat sekitar dapat mengatasi masalah sosial tersebut ?
• Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Adanya moral dan akhlak manusia yang harus ditingkatkan dalam suatu lingkungan masyarakat itu sendiri serta campur tangan aparat atau pemerintah pun perlu dilakukan.


b. Pemerkosaan
Sama halnya dengan penganiayaan hal ini merupakan pelanggaran Hukum dan HAM. Dimana tindakan tersebut sering terjadi didalam kehidupan masyarakat. Lemahnya pengawasan bagi korban pemerkosaan serta adanya kesempatan bagi si pelaku mengakibatkan tindakan ini kerap terjadi.
• Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Sama halnya dengan penganiayaan bahwa moral dan akhlak perlu ditingkatkan serta nilai-nilai kesusilaan juga nperlu ditingkatkan. Karena hal ini merupakan permasalahan sosial.


c. Pencurian
Tindakan seperti ini memiliki beberapa alasan bagi si pelaku yaitu ada yang berdasarkan faktor kebutuhan ekonomi yang mendesak, iseng atau bahkan ada juga yang ikut-ikutan. Tetapi faktor yang dominan adalah kebutuhan ekonomi yang mendsak yang mengakibatkan orang mencuri barang milik orang lain.

• Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Pemerintah hendaknya menyediakan lapangan pekerjaan yang layak dan seluasnya kepada masyarakat. Karena sempitnya lapangan pekerjaan mengakibatkan banyaknya pengangguran sehingga dari pengangguran tersebut menimbulkan tindakan kriminalitas ekonomi yaitu pencurian.



3. MASALAH ATURAN/HUKUM

a. Larangan Dibukanya Tempat Hiburan Malam Pada Saat Bulan Ramadahan
Adanya larangan ini mengakibatkaan pro dan kontra bagi masyarakat. Tetapi kita harus melihat dampak sosial ekonomi apabila penutupan semua hiburan malam terjadi. Karena banyak orang yang menggantungkan hidupnya pada usaha tersebut.
• Upaya Yang Harus Dilakukan ?
Perlu peninjauan kembali jika ingin menutup semuanya karena jika terjadi hal ini akan menyebabkan tidak adanya pemasukan bagi usaha tersebut dan Manajer pun akan sulit membayar gaji+tunjangan kepada para karyawannya.



b. Aturan Pengendara Bermotor Hanya Boleh Berkendara Maksimal 2 Orang
Aturan ini memang masih baru karena dikeluarkan pada saat bulan Ramadhan tahun ini sebelum tradisi mudik dirayakan. Aturan ini diupayakan agar pengendara dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Namun pada kenyataannya banyak masyarakat tidak mengetahui peraturan tersebut.
*Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Perlu adanya sosialisasi lebih luas kepada masyarakat abar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan benar.


c. Pelanggaran-Pelanggaran Lalu Lintas
Pastinya pelanggaran jenis ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin karena banyak pengendara yang tidak koperatif terhadap peraturan lalu lintas atau memang pemberian sanksinya yang kurang tegas sehingga tidak membuat jera bagi para pelaku.
*Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Pemberian sanksi yang tegas akan membuat para pelaku jera untuk melanggar kembali karena jika Polantas hanya memberikan sanksi tapi dengan jalan ”damai” maka pelaku akan sulit untuk tidak melakukan hal tersebut.



4. MASALAH BUDAYA

a. Kurangnya Pelestarian Budaya Daerah
Kurangnya pelestarian budaya ini sudah sangat mengecewakan. Pasalnya pemerintah kurang memperhatikan secara penuh peninggalan-peninggalan budaya daerah saat ini serta tidak terawatnya situs-situs budaya yan g bernilai dan bersejarah. Contohnya Keraton Kaibon dan Istana Surosowan yang berada di Serang, Banten.
* Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Pemerintah hendaknya memperhatikan masalah peninggalan budaya kita yang kaya dan bersejarah ini sehingga kelestariannya tetap terjaga dengan baik.


b. Westernisasi Tapi Tidak Modernisasi
Westernisasi yaitu orang yang berkiblat pada kehidupan barat(kebarat-baratan). Sedangkan Modernisasi yaitu orang yang berpikiran maju (Modern). Letak keburukannya yaitu beberapa sebagian besa orang berlagak sok kebara-baratan tetapi pemikirannya bisa dibilang ”Wong Ndeso” dan tidak menunjukan intelektualitas dan budaya ketimuran kita.
*Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Hendaknya sebagai bangasa Indonesia kita menyeleksi terlebih dahulu budaya yang masuk ke Indonesia agar tidak berpengaruh buruk bagi kita dan pudarnya norma dan budaya ketimuran kita.



5. HAMBATAN BUDAYA

a. Sarana dan Prasarana
Setengah dari hambatan yang ada yaitu karena minimnya sarana dan prasarana yang ada. Tanpa hal tersebut akan sulit melestarikan budaya kita.
*Upaya Yang Harus Dilkakukan ?
Sarana dan Prasarana ini harus lebih ditingkatkan lagi oleh pemerintah agar upya pelestarian dapat dilakukan dengan baik.


b. Minat Yang Kurang
Setengah hambatan budaya yaitu minat yang kurang dari masyarakatnya sendiri. Kurangnya pengembangan program cinta tanah air mengakibatkan kurangnya minat untuk melestarikan budaya bangsa yang ada.
*Upaya Yang Perlu Dilakukan ?
Pemerintah harus lebih mengembangkan program cinta budaya tanah air kepada generasi muda saat ini agar terciptanya peningkatan minat dalam mempelajari dan melestarikan budaya yang sudah turun-temurun dimiliki oleh bangsa kita.

Comments :

1

tolong donk bantu cara mengatasi sosial budaya

doni kurniawan said...
on 

Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).