Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Mengetik bahasa arab di Windows XP

Dian Sahid
sahid@sahidian.web.id
http://www.sahidian.web.i



Seorang Ikhwan yang agak gaptek terheran-heran saat melihat lawan chattingnya mengirim pesan dalam bahasa arab, rasa penasarannya semakin bertambah ketika melihat artikel-artikel di sebuah website Islam dalam bahasa arab, dan semakin bertambah heran lagi ketika artikel-artikel dalam bahasa arab tersebut bisa dicopy paste ke sebuah program aplikasi.

Pada windows versi lama (windows 3.1, windows95, windows 98 dan windows me) agar keyboard bisa berfungsi untuk mengetik huruf arab, maka operating system yang diinstall harus mendukung bahasa arab, operating system windows ini ditandai dengan “Arabic Enable”, tentu sangat merepotkan apabila kita ingin mengetik karakter dalam bahasa lain dimana harus menginstall OS yang berbeda, dan masalah ini pernah penulis alami saat masih menggunakan Windows 98 Arabic Enable untuk mengetik bahasa arab.

Kedatangan Windows XP telah merubah kesulitan-kesulitan dalam penulisan karakter-karakter selain huruf latin dengan adanya penyandian karakter (unicode), unicode adalah standar dalam penyandian suatu karakter yang dikembangkan oleh "the unicode consortium" untuk menghadirkan hampir semua jenis tulisan dari berbagai negara.

Memang secara langsung kita bisa mendownload huruf atau font arab dan menginstallnya, tetapi hanya sekedar untuk melihat tulisan-tulisan dalam bahasa arab, dan akan jadi berbeda jika digunakan untuk mengetik dalam bahasa arab, karena pengetikan bahasa arab dimulai dari sebelah kanan ke kiri sedangkan huruf latin dari sebelah kiri ke kanan, untuk itu perlu dilakukan pensettingan pada OS windows XP yang kita gunakan agar bisa berfungsi ketika menulis dalam bahasa arab.

Berikut langkah-langkahnya :

Sebelumnya siapkan CD instalasi windows XP.


Klik "START" => "Settings" => "Control Panel"



Double Klik "Regional and Languange Options"
















Pilih tab "Languanges", berikan tanda centang pada "Install Files for Complex Script and ...." dan klik Apply, masukkan CD instalasi windows XP jika pada langkah ini si Windows minta CD installer, hindari jika windows minta Reboot karena akan memperlama proses setting.




















Klik "Details..." dan pada jendela berikutnya klik "Add..."



Pilih "Input Languange" dengan "Arabic (Saudi Arabia)" dan klik OK.








Munculnya jenis keyboard pada jendela "Installed Service" menandakan jenis bahasa yang disupport oleh keyboard untuk pengetikan, klik OK hingga akhir dan bila perlu restart windows.



Perpindahan pengetikan dari bahasa Inggris(latin) ke bahasa arab dan sebaliknya dengan penekanan tombol Alt + Shift, ditandai dengan icon "Languange Bar" pada Taskbar yang berubah-ubah.

Pemberian harokat pada bahasa arab dengan menekan Shift + ... , misalnya ingin memberi harokat dhomah, yaitu dengan menekan Shift + E.













Berikut posisi karakter huruf arab pada keyboard.




Tips bagi anda yang ingin memasukkan bahasa arab saat chatting ataupun mengisi forum dan buku tamu, yaitu ketik terlebih dahulu di program aplikasi pengetikan , misalnya microsoft word ataupun Wordpad, lakukan copy paste untuk menyalin teks arab dari program aplikasi.

Setting keyboard agar berfungsi dalam mengetik bahasa arab ini juga berfungsi untuk mengaktifkan dalam bahasa lainnya, misalnya bahasa jepang, cina danlain-lain.

Rujukan : http://pratyeka.org/arabic/





Biografi Penulis

Dian Sahid, kelahiran Kebumen Jawa Tengah bulan Februari tahun 1983 yang sekarang tinggal di daerah Ciputat Tangerang Banten. Menamatkan STM Triguna jurusan Elektro tahun 2002 dilanjutkan mengambil DIII di kampus AMIK BSI jurusan Teknik Komputer dan sekarang sedang menjalani semester VII di STMIK Nusa Mandiri untuk menyelesaikan S1. Semasa STM pernah bekerja sebagai teknisi untuk perbaikan perangkat2 keras komputer di sebuah bengkel dan rental komputer di kawasan kampus IAIN Ciputat selama 2 tahun, dan dilanjutkan bekerja di sebuah perusahaan kontraktor M/E pada PT. Jaya Teknik Indonesia sebagai Service Engineer. Dalam mengisi waktu luang sering membaca ataupun menghadiri kajian-kajian Islam bermanhaj salaf-ahlus sunnah wal jama’ah (insya4JJI ta’ala).
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
4 Komentar untuk "Mengetik bahasa arab di Windows XP"
Anonymous
delete

Sahid kok dilawan..top dah...

Anonymous
delete

saya adalah penggemar komputer namon saya tinggal jauh dari pusat informasi dengan adanya blog nya mas yudi aku terbantu semoga amal kebaikannya mendapat balasan disisi NYA

WAH, BROKEN IMAGE LINK TUH...GAK muncul tuh..

Assalamualaikum wr. wb
terimakasih pa atas informasinya semoga bermanfa"at bagi saya sendiri khususnya?

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top