2008-01-16

Meteor Garden

http://meteor-garden.television-series.com (situs resmi fans mg)

Sutradara : Chai Yue Chin
Produser : Angie Chai
Pemutaran perdana :
Saluran CTS , 05/04/2001 . Taiwan

Film Tv series ini diangkat dari sebuah manga
"Hana Yori Dango" dari Jepang , Tidak ada yang menyangka rumah produksi Taiwan dapat membawakan film adaptasi dari manga Jepang dengan Apik dan bagus yang mampu mengambil hati pencinta Tv series dari Singapore ,Taiwan , Malaysia , Hongkong , mungkin juga Indonesia =), dan juga Jepang , tempat lahirnya komik tersebut

Selain Itu Chai Yue Chin juga membuat kisah F4 secara terpisah yang berjudul "Meteor Rain " Meteor Rain memiliki Plot cerita yang berbeda , terdiri dari 3 naskah.
naskah pertama tentang A she sebelum masuk Ing Te dan terlibat kasus perkelahian di Bar yang membuat dia menjadi buronan dan bertemu dengan seorang gadis kecil yang bisu yang bernama Sin Sin dan Ayahnya.
Naskah kedua tentang Mei Zhou yang bertemu dengan pencopet cewe , Ai sha ( Dimainkan oleh personel Sunday Girls dari Jepang )
Naskah ketiga tentang cinta Ximen yang kandas dengan teman kecilnya Siou Ken.
Sayang sekali , Hua Zhe Lei tidak mendapatkan Bagian dalam naskah ini . Lei hanya muncul sebentar pada episode Ximen sedangkan San Chai tidak ada dalam ke-3 episode ini .

Kepopuleran F4 ( Flower Four ) ini membawa dampak juga bagi pemeran F4 , ke-4 cowo ini ( Jerry, Vic , Vaness dan ken ) menjadi terkenal hanya dalam waktu yang cukup singkat ( 4 bulan ) setelah pemutaran drama seri tersebut .

Setelah kesuksesan Meteor garden , mereka yang juga tertarik dalam bidang musik akhirnya mereka membuat sebuah boyband yang namanya diambil dari nama Geng di Meteor garden itu sendiri yaitu F4 , maka sampai sekarang mereka di kenal dengan sebutan F4 . Mereka telah mengeluarkan album pertama mereka " Meteor Rain " dengan membawakan lagu dari penyanyi jepang Ken Hirai "Gaining Through Losing " dalam bahasa mandarin dengan judul " Liu Xing Yu" .Selain itu salah satu personal dari F4 , Vic Zhou ( Hua Zhe Lei ) telah membuat solo album yang bertitle " Make A Wish".

Satu tahun lewat setelah pemutaran meteor garden di negara asalnya ,Indonesia membuat TV seri yang diadaptasikan dari "Meteor garden" dengan Judul " Siapa Takut jatuh cinta" . saya tidak mengetahui apakah film ini diambil dengan take yang sama persis dengan meteor garden atau hanya mengambil ide cerita dan mengembangkan character character yang ada pada komik itu sendiri seperti yang dilakukan taiwan dalam pembuatan Meteor garden ato hanya menjiplak Meteor Garden secara ke seluruhannya . Saya harap mereka tidak menjiplak "Meteor garden" secara keseluruhan . Nampaknya setelah satu tahun setelah berjaya meteor garden baru punya "pesaing"


Hana Yori Dango

Hana Yori Dango adalah manga karangan pemanga jepang Kamio Youko yang merupakan naskah asli dari Meteor garden , Manga ini terbit tahun 1992 yang lalu di majalah komik dwi mingguan Margaret . Hana Yori Dango Berarti "Anak Lelaki sebelum bunga " . Pada Tahun 1996 Toei Animasion membuat versi Anime yang berseri sebanyak 51 episode . Selain itu Manga ini juga pernah di adaptasikan ke layar lebar di jepang sebanyak dua kali . Yang pertama adalah pada tahun 1995, berupa film , Tau meng She A.K.A Doumyouji diperankan oleh Fukuyama Masaharu dan San Chai A.K.A Tsukusi diperankan oleh Uchida Yuki , Yang kedua pada tahun 1997 dalam bentuk anime dengan alur cerita yang mirip tapi setting cerita diganti .

Untuk nama nama dari pemainnya yang jelas di ganti sesuai dengan logat taiwan , jadi lumayan banyak terjadi perubahan nama nama character dalam versi meteor garden .

dibawah ini adalah gambaran dari tokoh HYD dengan Tokoh HYD , Gimana , mirip atau ngga ?

Makino Tsukushi : San Chai



Doumyouji Tsukasa : Dau Ming Shi



Hanazawa Rui : Hua Zhe Lei




Mimasaka Akira : Xi Men




Nishikado Soujirou : Mei Zhuo





Membahas Meteor Garden sepertinya kurang lengkap jika kita tidak membahas " Siapa Takut Jatuh Cinta " , Film Tv Series indonesia dari rumah Produksi Prima Entertaiment yang ditayangkan di salah satu televisi swasta di Indonesia .




Pemain :
Leony ( Oni = San Chai ),
Indra Brugman ( Indra = Dau Ming Shi )
Roger Danuarta ( Roger = Hua Che Lei )
Ikhsan Muhammad
Jonathan

Berawal dari sebuah adegan iklan promosi film series , satu cewek yang kana siram muncratan genangan air dari mobil BMW , setelah itu mobil berhenti dan turun 4 cowok satu persatu kasih senyuman ke cewek , cewek itu tersenyum ke 3 cowok tersebut tapi begitu cowok yang keempat ( yang nyetir ) keluar , si cewek mendekat dan menampar muka si cowok .

Itulah iklan " Siapa Takut jatuh cinta " ,yang di putar 1 bulan yang lalu , yang sempat membuat kita penasaran

Di saat gencar gencarnya salah satu Statiun swasta di Indonesia mempromosikan Film tersebut , satu Televisi Swasta lainnya memutarkan film drama series dari Taiwan yang berjudul " Meteor Garden " disaat yang nyaris bersamaan ( tapi pemutaran MG lebih duluan 1 minggu ) . Promosinya memang tidak se-"Wah" yang STJC tapi memang dapat mengambil hati dari penonton film tersebut .

Setelah memutaran perdana STJC , para penonton jadi membandingkan antara MG dan STJC sebab banyak terdapat kesamaan dalam serial Tv tersebut dengan MG dari segi karakter peran utama ( bandingkan gaya , Roger , Oni , dan Indra .mereka mirip dengan A se , San Chai dan Lei ) . dan juga storylinenya yang memang mirip ,Coba saja kalian baca di website ini , dan bandingkan dengan storyline Meteor Garden . Pihak rumah produksi menyatakan bahwa story line yang mereka buat memang hasil karya mereka tapi ngga mungkin kan semua nya bisa mirip , mungkin itu memang suatu "kebetulan" tapi kenapa kemiripan yang terjadi begitu banyak ?.

Karena banyak mengalami tudingan "penjiplak" dari penonton serial MG maka rumah produksi menyatakan mengadakan revisi ulang seri tersebut ,tapi biarpun begitu Rumah produksi masih menyatakan bahwa storyline yang dulu itu memang hasil karya mereka .
Revisi ulang dilakukankan pada episode 3 dan 4 . Penulis Serial tersebut harus pandai pandai menjejalkan adegan adegan yang akan di sambungkan ke dalam adegan lainnya dan itu bukan hal yang mudah sebab kalau penulis tidak baik-baik membuat naskah revisinya alur cerita nanti akan terasa aneh dan janggal.

Comments :

0 comments to “Meteor Garden”


Post a Comment

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).