Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Pentingnya Komunikasi Dengan Pengunjung Situs Kita

Tips dan Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com


Pepen Saepudin
pepen@javanite.com
http://www.javanite.com
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan
disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat
tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang
disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang,
kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
Tidak semua orang mengenal situs kita, mungkin hanya beberapa saja diantara mereka yang
terbiasa dengan situs kita selebihnya mereka adalah pengunjung baru yang belum terbiasa
dengan sistem navigasi yang tersedia pada situs kita. Ibarat mengunjungi kota lain untuk
pertama kalinya, seorang pengunjung/turis membutuhkan panduan yang jelas agar tidak tersesat,
mereka akan membawa peta dan melihat tanda-tanda disepanjang jalan. Begitu juga dengan
pengunjung sebuah situs, mereka membutuhkan petunjuk yang jelas agar mereka dapat
langsung menemukan apa yang mereka cari dalam situs tersebut, oleh sebab itu komunikasi
yang terjalin hangat dengan pengunjung situs akan membuat mereka nyaman dan betah berada
lama pada situs kita.
Sebagai tuan rumah yang baik, sudah semestinya kita memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat
membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat dan tepat, atau
kita akan mengambil resiko ditinggalkan pengunjung/visitor tanpa mengucapkan kata "sampai
jumpa lagi" bahkan "selamat tinggal" sekalipun. Lebih parah lagi kalau mereka menceritakan
pengalamannya itu kepada teman atau kerabatnya.
Teman saya pernah bilang, "rasanya fasilitas itu tidak perlu, saya lebih memilih try and error
saja, saya malas membaca lama-lama". Ok, mungkin ada diantara kita yang lebih suka "try and
error", tetapi kita tidak dapat men-generalisasi semua orang berpikiran sama seperti kita,
bagaimanapun juga fasilitas yang kita buat untuk mempermudah visitor berselancar disitus kita
sangat diperlukan sebagai tanda kepedulian kita kepada pengunjung situs. Ingat pelayanan yang
memuaskan akan membuat mereka datang kembali.
Komunikasi dengan visitor .. caranya ?
1

Tips dan Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Untuk melakukan komunikasi dengan visitor, kita dapat melakukannya dengan berbagai cara,
diantaranya :
Membuat Sistem navigasi yang mudah dipahami
Pedoman khusus yang dipasang pada halaman-halaman tertentu
Melengkapi situs dengan Site map
Fasilitas pencarian
Error Message yang mudah dimengerti.
Help dan 'first time tutorial'
Selain cara-cara diatas mungkin ada yang memiliki ide lain semisal menyediakan live chat,
sehingga visitor dapat langsung menghubungi anda ketika mereka membutuhkan bantuan, atau
setidaknya anda bersedia membalas email visitor dengan cepat, untuk memberikan batuan
kepada visitor bersangkutan.
Membuat Sistem Navigasi Yang Mudah Dipahami
Ada saat-saat dimana kita sibuk memikirkan desain yang bagus untuk situs kita, tapi jangan lupa
bahwa "usabilty" juga penting. Bukan hanya desain yang bagus saja yang membuat visitor
senang dengan situs kita, kenyamanan dalam menelusuri informasi juga tidak kalah pentingnya.
Sistem navigasi yang bagus akan menolong visitor menemukan tujuannya dengan cepat.
ilmukomputer.com, memberikan navigasi menu yang mudah ditelusuri
Pedoman Khusus Pada Halaman Tertentu
Yang ini kadang tidak mendapat perhatian utama dari seorang web designer, padahal pedoman
khusus yang sesuai dengan halaman-halaman tertentu akan sangat membantu visitor melakukan
aktifitas disitus kita. Misal pedoman yang dipasang pada halaman registrasi. Berapa karakter
yang diperbolehkan untuk sebuah "username", karakter apa saja yang dibolehkan dan huruf nya
kecil atau besar. nah kadang-kadang visitor mengetahui hal ini setelah mereka menekan tombol
"submit" dan mendapatkan error message.
2

Tips dan Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Indonesia-trade.com, memberikan petunjuk registrasi pada saat registrasi member
Melengkapi Situs Dengan Site Map
Site Map atau peta situs dapat memberikan gambaran singkat tetapi lengkap tentang
keseluruhan isi situs, site map akan berguna sekali untuk scaning informasi yang dibutuhkan
oleh pengunjung situs kita.
globalsources.com, melengkapi situsnya dengan sitemap
Fasilitas Pencarian
Untuk sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu, menelusuri semua halaman situs
untuk mencari informasi yang dibutuhkan bisa membuat mereka kesal, oleh sebab itu fasilitas
pencarian akan sangat berarti bagi mereka. Dengan menyediakan fasilitas ini pada situs kita,
maka pengunjung akan merasa nyaman dengan kemudahan mencari informasi yang
dibutuhkannya.
migas-indonesia.com, memberikan fasilitas pencarian artikel
3

Tips dan Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
Error Message
Untuk sebagian pengunjung yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang komputer
dan internet, error message yang tidak jelas dapat membingungkan mereka bahkan membuat
panik. Kata-kata seperti "Fatal Error" yang tidak disertai dengan penjelasan yang memadai akan
membuat mereka tambah kebingungan, apalagi menyangkut data pribadi atau pendaftaran yang
gagal padahal mereka sangat membutuhkan itu dalam waktu yang cepat.
Sebuah error message yang baik biasanya memberitahukan hal-hal seperti : masalah apa yang
sedang terjadi dan bagaimana mengatasi masalah itu serta disertai link terkait.
Help dan 'Fisrt time tutorial'
Membuat dokumentasi situs dan mengumpulkan informasi berguna dalam help, kadang
membuat kita malas mengerjakannya, apalagi untuk situs pribadi yang non-komersial. Tetapi
kenyataannya hal ini sangat berguna baik bagi kita maupun bagi pengunjung.
alibaba.com, memberikan petunjuk how-to untuk buyer dan seller
Sebuah situs yang baik biasanya menyediakan semacam panduan, how-to atau "fisrt time
tutorial" untuk pengunjungnya.
Penutup
Akhirnya .. komunikasi yang terjalin dengan pengunjung situs akan membuat mereka nyaman
dan tidak ragu untuk kembali lagi mengunjungi situs kita.
Biografi
Pepen Saepudin. lahir di Lembang, 22 September 1979
Saat ini bekerja sebagai Web Master beberapa situs, juga pendiri
javanite.com. Tercatat juga sebagai anggota Muslim Information
Technology Association (MIFTA)
Informasi lebih lengkap tentang penulis :
Url : http://www.javanite.com
Email : pepen@javanite.com
4

Tips dan Trik IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003 IlmuKomputer.Com
5
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pentingnya Komunikasi Dengan Pengunjung Situs Kita"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top