Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Setujukah bila Tulisan Blog Anda di Copy Paste

Kolom tutorial blog, tip menulis dan refleksi saya di blogspot dulu–dan sekarang saya impor semua ke blog ini– cukup populer karena memenuhi sebagian kebutuhan kalangan blogger Indonesia pemula yang ingin membuat blog. Banyak blogger pemula menyukainya. Saking sukanya tidak sedikit yang ingin numpang popularitas dengan cara mengcopy/paste hampir seluruh blog tutorial yang saya berikan. Sebagian menyebut nama, alamat blog dan link artikel (seperti yang saya minta bagi siapa saja yang hendak mengcopy/paste); sebagian lagi hanya menyebut nama penulis; tapi tidak jarang yang tanpa menyebut sumber atau nama penulis asal sama sekali. Apabila Anda menemukan tutorial blog yang tulisannya sama atau mirip dengan isi tutorial di sini, percayalah bukan saya yang nyontek. :)

Bagi saya pribadi, saya tidak begitu keberatan dengan copy/paste tersebut. Saya menulis tutorial blog di sini tulus sebagai hadiah saya bagi rekan-rekan yang ingin ngeblog. Bila ada teman yang jadi semangat ngeblog karena membaca tulisan saya, itu bagi saya sudah cukup. Saya tidak begitu risau dengan copy right.

Kalau toh ada yang saya risaukan adalah justru pada pihak penyontek itu sendiri. Kalau menyontek isi blog saya semata-mata sebagai starting point, mungkin tidak apa-apa. Tapi kalau keterusan, saya kuatir suatu hari nanti dia akan ketemu batunya dan dilabrak orang yang keberatan isinya di copy/paste seenaknya.

Last but not least, menurut saya, tetap lebih membanggakan hasil sendiri walau tidak bagus. Toh hidup itu proses belajar berkelanjutan. Hari ini tidak bagus, mungkin tahun depan sudah akan dapat menyaingi tulisan blogger-blogger ternama. Dan yang lebih penting, kita juga belajar hidup bermartabat dengan bangga pada hasil keringat sendiri.

Btw, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda senang, setuju atau sebel kalau tulisan Anda dibajak orang?
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Setujukah bila Tulisan Blog Anda di Copy Paste"

Selama sumber dicantumkan, saya tidak keberatan dengan copy-paste isi blog, toh... niatnya berbagi. Yang tidak setuju, ya seperti yg sudah disebutkan di atas, copy-paste untuk kemudian diakui sebagai tulisan sendiri.

Tapi sayangnya sejauh ini saya belum bisa menghasilkan tulisan yang layak di copy-paste (selain hasil copy-paste juga), hehehe...

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top