Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Masih tentang ummat Islam mundur

Ada 3 poin penting yg diringkas dan perlu disharing ke rekan-rekan


Yang pertama adalah Optimalisasi semangat Jihad dan semangat Belajar serta semangat menegakkan ajaran agama. Karena ini kunci keberhasilan dan kemajuan ummat Islam masa lalu. Pada saat salah satunya kendor, maka akan mengakibatkan stagnasi atau kemunduran ummat Islam. Terlebih bila semuanya mundur seperti yang dialami dalam 2-3 abad belakangan ini.



Yang kedua adalah tidak boleh berlemah hati atau pesimis, karena walau kita mundur, tapi ada langkah-langkah kecil kemajuan yang sudah kita buat. Juga bisa jadi kondisi mereka tidak sebaik yg kita perkirakan, bisa jadi sama dengan kita.

Sebagai contoh, sudah mulai marak kaum intelektual dan cendekiawan muslim yg cukup lurus bermunculan meniru jejak pada masa lalu.

Contoh lain, sudah mulai marak kesadaran utk menegakkan hukum syariat baik dalam skala individu, keluarga, masyarakat, maupun bernegara. Terlebih dalam skala individu s/d masyarakat, yang dulunya orang sulit atau jarang berjilbab, sekarang mulai marak. Yang dulunya susah menemukan institusi ekonomi syariah, sekarang mulai bermunculan.

Juga contoh masa lalu, tatkala invasi Mongol banyak menyapu bersih daerah peradaban utama, termasuk peradaban ummat Islam...tidak menjadikan yg terjajah tenggelam dgn kebudayaan penjajah, justru sebaliknya yg menjajah terwarnai dgn kebudayaan yg dijajah. Kaum penjajah Mongol banyak yg memeluk Islam. Ini contoh langka yg hampir jarang terjadi dan terekam dlm catatan sejarah.

Selain itu banyak negara muslim yg cukup maju dan teratur, juga banyak negara non-muslim yang prestasinya menurun atau bahkan terbelakang dan tidak teratur.

Contoh, beberapa negara di kawasan timur tengah yg mayoritas muslim cukup maju dan teratur. Sebaliknya banyak negara yg cukup tua di Amerika latin dan juga beberapa negara di Eropa Timur yg mayoritas non-muslim mundur, atau bahkan terbelakang dan tidak teratur.

Jadi ada Sunnatullaah yg perlu kita cermati dan kita ikuti/jalankan dgn baik.

Juga Tetap Semangat, Jangan Pesimis!

Ingat salah satu hadits Nabi yg menyatakan agar tetap menanam benih walau besok adalah hari Akhir. Ini menunjukkan betapa optimis adalah karakter utama Islam. Begitu pula dgn ayat Al-Quran yang menyatakan bekerjalah, Allah akan melihatnya. Tugas kita adalah bekerja seoptimal mungkin. `Hasil duniawi` tidak utama, karena yang dinilai adalah `Hasil Ukhrowi` yaitu ketulusan niat dan kesungguhan usaha, bukan lahirnya.



Yang ketiga, satukan barisan, apa pun `warna komunitas` kita, tetap berpegang dgn tali Allah (ajaran agama) dan tali manusia (persatuan). Sinergikan usaha utk menegakkan dan mengagungkan Kalimat Allah.

Kita hanya bisa maju bila memegang teguh agama Allah, bersatu, dan berusaha meninggalkan maksiat.

Ummat non-muslim hanya bisa maju (sesaat) dgn meninggalkan agamanya, tetapi selanjutnya kehilangan fitrahnya dan akhirnya hancur.



Demikian ringkasan dari ane, semoga cukup utk menyimpulkan posting tsb.

Wassalam,
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Masih tentang ummat Islam mundur"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top