Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan

Banner Iklan
728x90

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Cara Membuat Commments Box (Kotak Komentar)

Comments Box atau Kotak Komentar adalah suatu kotak yang berfungsi untuk memberikan komentar terhadap isi dari suatu artikel dalam sebuah weblog. Jika di Wordpress.com kotak komentar tersebut akan langsung muncul tepat di bawah artikel. Namun tidak halnya di Blogspot/Blogger, kotak komentar dilayanan blog ini hanya berupa link yang kemudian baru akan muncul kotak komentar bagi pengunjung yang mau memberikan komentar terhadap artikel tersebut, hal ini menyebabkan para komentator sedikit enggan untuk melakukannya karena merasa malas untuk membuka window baru yang tentu saja akan memerlukan sedikit waktu untuk membukanya. Sehingga para pengguna layanan Blogspot lebih sedikit menerima komentar dibanding dengan para pengguna layanan Wordpress.

WARNING : KARENA BANYAK BLOGGER YANG GAGAL MENGGUNAKAN TRIK INI DAN JUGA ADA YANG KEHILANGAN POSTINGNYA, JADI ANDA HARUS MEMBACKUP DULU TEMPLATE ANDA. YANG GAGAL MEMAKAI INI MUNGKIN KARENA ADANYA KETIDAKCOCOKAN DENGAN TEMPLATE YANG DIGUNAKAN. JIKA TERJADI HAL-HAL YANG TIDAK DIINGIINGINKAN SEGERA KEMBALIKAN TEMPLATE ANDA YANG LAMA. TAPI BANYAK JUGA KOK YANG BERHASIL, SEMOGA BERUNTUNG

Tapi bagi kamu yang memakai layanan Blogspot tidakperlu khawatir lagi karena trik berikut ini akan mengulas bagaimana caranya menambahkan kotak komentar atau comments box sehingga menjadi kotak komentar yang ada di Wordpress yaitu persis berada dibawah artikel caranya adalah dengan menggunakan layanan di http://www.haloscan.com. Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu menggunakan layanan ini yaitu "komentar-komentar terdahulu akan hilang", jadi pikirkanlah dulu sebelum kamu memakai layanan ini. Kalau kamu sudah yakin mau menerapkannya maka berikut ini dalah caranya:

1. Buka website http://www.haloscan.com.

2. Daftarkan diri kamu di website tersebut.

3. Setelah selesai lalu Login dengan username dan password yang sama dengan pada saat mendaftar.

4. Setelah login berhasil maka akan muncul beberapa menu. Pertama-tama pilih menu setting. Didalam menu Setting ada beberapa pengaturan yang harus disi silahkan atur sesuai dengan keinginanmu. kamudian simpan.

5. Langkah selanjutnya yaitu pilih menu Template. Silahkan pilih mana yang kamu sukai, sebaiknya sesuaikan dengan warna blog kamu kemudian simpan.

6. Langkah berikutnya yaitu pilih menu Install

7. Beri tanda pada radio button di samping tulisan Blogger or Blogspot lalu klik Tombol Next

8. Klik Tombol Brows , silahkan pilih file template yang sudah dibackup. Kalau belum silahkan backup dulu. Jika belum tahuh caranya backup klik disini

9. Klik tombol Upload Blogger Template.

10. Jika sudah berhasil klik tombol Download New Template kemudian di save.

11. Login ke Blogger/Blogspot

12. Pilih Template kemudian klik menu Edit HTML

13. Untuk Upload template klik tombol Brows. Masukkan template yang sudah didownload dari haloscan tadi lalu Upload kemudian simpan setting.

14. Coba buka buka web blog kamu dan lihat hasilnya. Sekarang kamu sudah mempunya kotak komentar seperti yang ada di wordpress.
15. Trus gimana caranya nampilin komen-komen terbaru biar bisa kelihatan di sidebar? caranya gampang, yiatu kembali ke haloscan trus pilih dashbord nha disitu kan ada recent comments trus dibawahnya ada link tulisannya gini "put this widget on your site" nha kamu klik link tersebut, setelah itu dibawahnya akan muncul kotak yang berisi kode. Copy kode tersebut dan pasang di blog kamu, gampang to?

16. Selamat Mencoba... SEMOGA BERHASIIIIILLLLLL

SUMBER : http://trik-tips.blogspot.com/2007/12/cara-membuat-commments-box-kotak.html
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
18 Komentar untuk "Cara Membuat Commments Box (Kotak Komentar)"

Makasih buat infonya ya, artikelnya berguna sekali buat kita-kita. Kamu bisa promosikan artikelmu di infogue.com yang berguna bagi semua pembaca. Terimakasih dan salam!

http://infogue.com/pengetahuan_umum/cara_membuat_commments_box_kotak_komentar_/

Anonymous
delete

kopas dari sini nih ?
http://trik-tips.blogspot.com/2007/12/cara-membuat-commments-box-kotak.html

ai bingung nih, jadi siapa yang kopas siapa nih ?

kopas = kopi paste ???

kan ada sumbernya bro??cba bca lagi peraturan di Blog aku yah??klo ada sumbernya itu boleh2 aja??y kn??

informasinya sangat berguna...
^_^

bagu jg bro idenya
thx berat 3 kg bro

kunjungi juga blog saya ya

Ditto Stya Nugraha
delete

blog saya jelek bgt.hhuhhu

mas yudhi, sy udah ngikutin cara diatas. tapi setelah dibuka gak berubah ya..?? gmn ya?

boss knp komen pengunjung tidak muncul diatas kolom komen padahal udah disetting show,embeded post dan tidak di moderasi apa karena saya pake template dari download. tolong pencerahan dong boss

Ko di Blog saya ada dua Kota komntar bagi mana cara ya mas supaya
satu kota Komentar Mas cobah Lihat Ini
http://topblogakbar.blogspot.com/2009/06/e-book-wireless.html
Jika sudah dapat code E-mail aku di:akbaryahya@ymail.com

Makasih atas informasinya.

Thanks mas atas informasinya

saya coba dahulu..... :)
thnks infonya...

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top