Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Etika dan cara promosi blog

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan blog agar dikenal oleh banyak orang, akan tetapi ada sebagian juga yang tidak mengerti dan mengenal etika dalam mempromosikan blog yang telah mereka buat, kadang cara apapun ditempuh agar blog menjadi terkenal. Hal yang terpenting sebenarnya adalah mengarahkan pengunjung kepada blog yang kita buat, agar informasi yang terkandung didalamnya dapat dilihat dan sampai secara maksimal kepada banyak pembaca.
Tulisan ini memberikan informasi penting bagi blogger pemula yang baru memulai dan ingin mempromosikan blog mereka agar diterima serta dikunjungi oleh banyak pembaca dengan cara yang baik dan benar. Artikel ini dibuat khusus untuk blogger pemula, dan jangan pernah tanyakan apakah saya blogger professional? Dengan tegas saya katakan tidak. Saya sama seperti kalian (bloger pemula) yang masih harus belajar, tulisan ini hasil pengamatan dan pengalaman saya dalam waktu yang cukup lama.
Tujuan penulisan ini bukan untuk mengatur dan menggurui siapa pun, artikel ini hanya untuk memberikan bantuan bagaimana cara mempromosikan blog dengan baik dan benar serta etika yang terkandung didalamnya.

Dibawah ini merupakan cara terbaik dalam mempromosikan blog anda:

Promosikan blog anda melalui search engine:
Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan auto web submit. Ada banyak layanan gratis yang menyediakan layanan untuk pendaftaran, anda bisa mencarinya sendiri di search engine atau tanyakan ke om Google :)
untuk memudahkan dalam mendaftar ke Search engine, saya sarankan anda menggunakan layanan mypagerank
Layanan lain yang dikhususkan dalam pencarian blog diantaranya adalah Google blog search dan blogdigger kedua layanan ini merupakan pencarian blog yang paling banyak digunakan saat ini. hampir semua penyedia layanan blog mempunyai fasilitas pencarian dengan cara mengindex link pada database mereka sendiri, selain itu kita juga lebih diuntungkan apabila penyedia layanan blog tersebut mempunyai fasilitas ping karena hal ini akan memudahkan kita dalam mempromosikan blog yang telah dibuat.

Salah satu web auto submit adalah mypagerank, layanan ini akan memudahkan kita mendaftarkan blog ke beberapa search engine besar seperti dibawah:
www.google.com
www.searchengine.com
www.infotiger.com
www.scrubtheweb.com
www.searchuk.com
www.entireweb.com
www.maxpromo.com
www.aesop.com
www.whatuseek.com
www.splatsearch.com
www.walhello.com
www.acoon.de
www.szukacz.pl
www.daypop.com
www.fybersearch.com
www.biveroo.de
www.infoseek.co.jp
www.yandex.ru
www.amfibi.com
www.bigfinder.com
www.metawebsearch.com
www.jayde.com
www.cipinet.com
www.infotiger.com
www.websquash.com
www.Search-o-rama.com
www.unasked.com
www.uk.abacho.com
www.mixcat.com

Untuk mempromosikan blog keseluruh SE diatas klik disini
Saya tidak menjamin dalam waktu cepat situs anda akan terdaftar, semua ini tergantung dari bagaimana semua search engine diatas meng-index halaman blog/situs anda.

Memberikan komentar adalah promosi terbaik:

* Beri Comment pada blog yang dikunjungi, cara ini cukup akurat dalam mempromosikan blog anda
* Isikan komentar apapun yang positif pada blog orang lain
* Isi buku tamu atau online chat atau tagboard kalo memang tersedia
* Berikan pujian apa adanya pada blog yang dikunjungi, jangan terlalu belebihan dalam memberikan pujian. munkin ada pada sebagian orang pujian adalah hinaan.
* Beri komentar yang berbobot sesuai dengan topik yang ada
* Jangan melakukan spam Contoh “Kunjungi blog saya dong”, “hai saya punya blog baru nih, mampir yah” cara ini menurut saya pribadi kurang baik dan sangat mengganggu pemilik blog yang anda kunjungi


Bergabung dengan forum/mailing lists :

* Cara ini akan membuat relationship antar blogger.
* Cari forum yang sesuai dengan topik blog anda, jangan join dengan tema yang berbau fornografi jika blog anda bertema keagaaman, malah gak nyambungkan
* Beri komentar atau menjawab semua persoalan yang baik diforum dan ingat jangan lakukan spam.


Bertukar link (banner exchange)


Untuk blogger baru:

* Cari blog yang sudah terkenal yang mempunyai ranking terbaik, selain meninggalkan jejak hal ini akan membuat blog anda terindex oleh search engine.(istilahnya nebeng beken!)
* Saling bertukar link antar new blogger tidak hanya membuat blog anda dikenal, akan tetapi sebagai media pengingat alamat blog yang pernah dikunjungi
* Jangan pernah punya perasaaan buruk, dendam, kesal, merasa terhina jika tidak di link balik, berpikir lah positif mungkin saja saat ini ia lagi sibuk atau lupa.
* Berikan komentar dengan cara bijak dan lebih halus namun menjanjikan, sebagai contoh:”artikel diblog ini sangat bermutu dan bermanfaat bagi saya, saya akan menyimpan link blog ini pada halaman favorit, dan saya pasti akan berkunjung kesini lagi” cara ini cukup jitu dan membuat pemilik blog merasa dihargai serta saya jamin blog yang dikunjungi akan melakukan hal yang sama.


Untuk blogger lama:

* Bagi para blogger yang sudah dapat nama (terkenal) berbagilah link dengan blogger baru, kenapa? Karena tanpa dukungan mereka blog anda tidak akan berarti apa-apa.
* Memang bertukan link dengan blogger baru tidak akan menguntungkan apa-apa dari segi web page ranking dan malah menguntungkan blogger baru, tetapi ingat dalam hal lain blog anda akan terus dikunjungi dan diingat oleh para blogger baru, alasannya cukup simple karna mereka merasa sangat dihargai dan diperhatikan serta memberikan kesan positif
* Jangan merasa kesal dengan ulah blogger baru, maklumi saja mereka masih pemula (termasuk saya sendiri) munkin perlu waktu untuk belajar lebih banyak, coba anda renungkan kembali bagai mana cara anda ketika baru belajar mempromosikan blog, saya rasa mungkin sama, iya khan.



Publikasikan Melalui email
Cara ini cukup efektif untuk mempublikasikan blog anda, misalnya anda mengirim email keteman, saudara, rekan kerja/bisnis. Cukup berikan keterangan alamat blog sebagai informasi lebih lanjut, tanpa harus melakukan paksaan untuk mengunjungi blog yang diinformasikan.


Hindari penggunaan SPAM
Spam adalah tindakan mempromosikan blog/situs anda tanpa memperdulikan waktu dan tempat. Pastikan tempat anda ber-promosi sesuai dengan promosi yang anda berikan. Kalau tidak sesuai, pikirkan lagi jalan keluar yang baik agar orang menyukai dengan promosi anda.


Penggunaan bahasa pada blog yang anda tulis
Ada cara lain dalam mempromosikan blog anda, yaitu dalam penggunaan bahasa, ingat pembaca blog anda tidak hanya orang indonesia saja tetapi hampir semua orang didunia bisa membaca blog anda, ada baiknya anda memasukan tulisan menggunakan bahasa inggris, selain bisa dimengerti embaca luar juga mudah dimengerti oleh mesin pencari (search engine)


Pasang iklan pada dunia nyata
Selain mempromosikan pada dunia maya, anda juga bisa mempromosikan pada dunia nyata, terkesan aneh dan lucu memang hal ini memang jarang dilakukan para blogger (apabali saya pribadi masih gak PD hehehe ), Anda bisa mempromosikan blog dipapan pengumuman, kantor, kampus, radio, lewat SMS, PhoneCell atau media cetak, kalo di media televisi pun sebenarnya tidak jadi masalah he3x.


Daftarkan blog kelayanan pihak ketiga
Layanan pihak ketiga memungkinkan blog anda lebih dikenal luas keseluruh dunia.

beberapa yang terbaik ditantaranya dalam melakukan promosi adalah:

* Technorati: http://www.technorati.com
* Blog Pulse: http://www.blogpulse.com
* Ice Rocket: http://www.icerocket.com
* Blog Digger: http://www.blogdigger.com
* Daypop: http://www.daypop.com

Tips untuk Technorati: sering-seringlah melakukan ping dengan layanan ini. kebanyakan pengunjung Technorati adalah para blogger juga, jadi gunakan keyword atau tag yg sepatutnya anda gunakan yg berkaitan dengan blog anda.

Sampai saat ini cara promosi diatas cukup akurat, dan hal terpenting dalam mempromosikan blog adalah hindari penggunaan SPAM, gunakan cara yang wajar dan bijak sesuai dengan petunjuk diatas. Thanks (Penulis: o’om)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
14 Komentar untuk "Etika dan cara promosi blog"
Anonymous
delete

lumayan juga tipsnya...

aq coba nyari anak STIS yg ngeblog di blogger, ketemu rupanya...
biasanya banyak ngeblog di FS..

btw banyak bgt ads-nya, punya paypal?

salam kenal

aku bkn anak STIS tpi anak BINUS cm aku pnya tmen di STIS.aku jg blum pnya paypal.yah mngkin nnt buat.

mksh yah..

salam knal jg

blog yg keren.......

hi...aq bloger pemula ni..

bgs tutorialnya..

setidaknya banyak ngasi inspirasi sama aq...

bravo...

Makasih ya atas infonya

ini dia yang di cari-cari
aku ma teman baru bikin blog dan bingung cara mempromosiin
pinginnya cepat2 dikenal sampai promo habis2an ma teman di ym =))
tapi setelah baca blog ini kami mulai ngerti dikit2.
tx berat mas buat artikel yang satu ini

blog km keren...,apalg foto km yg dibox 3 dimensi itu. gimana cara buatnya??? aku pengen pinter kyk km,pokoknya keren abiz man

Anonymous
delete

Wah luar biasa tips yang diberikan
bravo

kalo gitu gw juga nebeng beken nich heheheh

Wah akhirnya bisa nemu juga blog yg dgn seneng hati ngajarin kita2 cara buat blog biar dikenal..Trim ya..salam hangat by www.sakatik.blogspot.com..

numpang promos blog bos http://soegenknpartners.blogspot.com trims

numpang lewat ya bos...terima kasih untuk tips nya..sanagt membantu berkunjung kesini juga donk bos www.update-antivir.blogspot.com

terimakasih atas semua informasinya!!!!!!

kadang beretika dalam berkomentar di blog orang gampang2 susah...tpi ini penting ibarat kita masuk ke rumah orang permisi dan harus sopan ke tuan rumah..

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top