Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Menyayangi Si Buah Hati adalah Sunnah

RasulullaH ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda,

“Laysa minnaa man lam yarham shaghiiranaa wa yuwaqqir kabiiranaa” yang artinya “Bukanlah termasuk golongan kami orang yang tidak menyayangi yang muda diantara kami dan tidak menghormati orang yang tua diantara kami” (HR. at Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam ash Shahihah no. 2196)

Dari Abu Hurairah, ia mengatakan bahwasannya RasulullaH ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam pernah mencium Hasan bin Ali. Kemudian berkatalah al Aqra’ bin Habis,

“Sungguh aku memiliki sepuluh anak yang tak seorang pun pernah aku cium”, kemudian RasulullaH ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam bersabda,

“Man laa yarham laa yurham” yang artinya “Barangsiapa tidak menyayangi, maka ia tidak akan disanyangi” (HR. Ahmad)

Begitu sayangnya RasulullaH ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam kepada cucunya yaitu al Hasan dan al Husain maka sampai-sampai beliau memanggilnya dengan kiasan raihanaH yang artinya bunga yang harum baunya sebagaimana hadits berikut,

“Humaa rayhaanataaya minad dunya” yang artinya “Keduanya adalah kesayanganku dari kehidupan dunia” (HR. al Bukhari no. 3753)

Berkata Imam Ibnul Atsir rahimahullaH, “Ar Rayhan secara mutlak bermakna atas rahmat (kasih sayang), rizki dan kesenangan. Anak disebut ar rayhan karena ia merupakan rizki” (an Nihayah fi Gharibil hadits wal Atsar II/288)

Berkata al Hafizh Ibnu Hajar al Asqalani rahimahullaH, “Disamakannya al Hasan dan al Husain dengan bunga yang harum aromanya karena anak kecil selalu dicium” (Fathul Baari VII/99)

Demikianlah sunnah Beliau ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam terhadap sang buah hatinya yaitu menyayangi dan mencintainya serta tidak menyia-nyiakannya.

Diringkas dari berbagai sumber.

Semoga Bermanfaat.


Allah Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni dosa selain (syirik) itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar" (QS. An Nisaa' : 48)

Dari Abu Dzar radhiyallaHu 'anHu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Jibril berkata kepadaku, 'Barangsiapa diantara umatmu yang meninggal dunia dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, maka pasti dia masuk surga'" (HR. al Bukhari) [Hadits ini terdapat pada Kitab Shahih Bukhari]

sumber : http://tokobuku-madinah.web.id
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menyayangi Si Buah Hati adalah Sunnah"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top