Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan

Banner Iklan
728x90

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Teknologi Public Relation


1.a Latar belakang Perkembangan Teknologi yang bersentuhan langsung Perkembangan Public Relation

Perkembangan Lingkungan Bisnis yang berkembang begitu pesat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi memungkinkan kita berorganisasi yang cenderung berbeda dengan masa lampau. Adanya perubahan arus globalisasi yang mengharuskan kita mengubah bentuk organisasi menjadi fleksibel, ramping dan tanggap terhadap perubahan lingkungan Dunia usaha terutama sektor industri sebagai roda penggerak kemajuan ekonomi bangsa dan merupakan salah satu asset modal negara memberi daya tarik tersendiri bagi masyarakat umumnya, adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk mempertahankan citra dari peristiwa terhadap isu-isu yang melanda perusahaan atau lembaga tersebut. Disinilah strategi Manajemen dan peran Public Relation sebagai jembatan atau penghubung aspirasi masyarakat, maka hendaknya Public Relation lebih memfokuskan perhatian lingkungan perusahaan dan sekitarnya
Era Transparansi dan perkembangan teknologi informasi telah menjadikan masyarakat lebih kritis dan cenderung terjadi perubahan yang cepat dimasyarakat.hal ini dapat diantipasi dengan dengan perkembangan teknologi informasi yang saat ini berkembang dengan pesat dengan menjamurnya media masa baik cetak maupun elektronic.
Berkat kemajuan Teknologi Informasi, praktis Public Relation dapat menerima atau mengirimkan informasi lebih cepat dan mendapatkan instant response time ditingkat Lokal mapun International. Perkembangan Teknologi yang semakin pesat menyebabkan banyaknya penemuan yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Kemajuan teknologi tersebut membantu manusia dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang timbul dari batas-batas jarak, ruang dan waktu. Kemajuan teknologi yang begitu pesat telah membuat bola dunia terasa makin kecil dan dibalik semua ini teknologi informasilah yang menjadi ujung tombak perubahan-perubahan yang dirasakan manusia dimuka bumi ini. Namun kearah mana perubahan ini akan berjalan ? dan siapa yang akan diuntungkan atau dirugikan oleh perubahan ini ?





b. Teknologi Public Relation

Dengan cepatnya teknologi yang berkembang dengan pesat dan masuk ke masyarakat kita maka pola hidup masyarakatpun berubah. Dari masyarakat agraris berubah menjadi masyarakat industri moderen, dari lamban ke era yang serba cepat, dari berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialistis, dari kehidupan tergantung dari alam hingga menguasai alam
perkembangan teknologi membuat kehidupan di zaman globalisasi ini menjadi lebih mudah dan praktis. Hal dahulu harus dilakukan melalui proses yang panjang dapat dilakukan dalam sekejab oleh teknologi maju. Teknologi yang berkembang ini dapat membantu berbagai profesi yang ada, termasuk Public Relation. Salah contoh Tekonologi Moderen yang membantu kegiatan Public relation adalah Mailing List.Maling List adalah sarana diskusi secara elektronic yang berbasis elektronic mail. Cara kerja Mailing List adalah seorang penguguna cukup mengirimkan Email kesatu alamat e-mail yang kemudian disebarkan ke semua e-mail yang tergabung dalam mailing list tersebut. Ini salah satu keunggulan tenologi komunikasi yang menunjang aktivitas Public Relation untuk mempercepat pengiriman data dan berita.Keunggulan mailing list sebagai perkembangan teknologi sangat membantu Public Relation, karena proses Marketing dan PR dapat dilakukan teru menerus selama 24 jam sepanjang tahun. Dengan konsistensi PR seprti ini diharapkan image dan eksistensi perusahaan akan menjadi lebih kuat. Memasuki era tahun 1990 an penggunaan teknologi komputer semakain canggih dengan diproduksinya teknologi computer notebook yang sudah dilengkapi dengan modem dan teknologi wireless, serta akses pengiriman berita faks, foto dan video melalui internet atau via satelit, telah memudahkan dan mununjang aktifitas Public relation dalam pemamfaatan perkembangan teknologi komunikasi. Dengan fasilitas internet seluruh aliran informasi yang disampaikan oleh Public relation dapat langsung diterima oleh masyarakat/konsumen tanpa perantara pihak ketiga dan begitu juga sebaliknya dengan fasilitas-fasilitas lainnya misalnya, Website perusahaan dimana masyarakat / konsumen dapat membaca kang sung informasi yang diperlukan tanpa harus ada parantara lagi.

c. Bentuk atau Genre PR saat ini

Dalam era globalisasi bidang kehumasan akan sangat berperan, perusahaan yang tidak memanfaatkan bidang tersebut bakal tertinggal karena tak menguasai perolehan dan penyebaran informasi. PR. Bukanlah fungsi manajemen yang dapat berdiri sendiri, bersama komuniksai pemasaran lainnya akan membentuk Intergreted Marketing Commucations, merupakan cara yang paling efektif dalam mengkomsumsikan pesan-pesan utama kepada pelanggan, Shareholders, karyawan, dan staf perusahaan, serta target public yang lain.
Pentingnya bidang komunikasi dan hubungan masyarakat menjadi perhatin yang sangat serius bagi perusahaan. Sebab setelah ditelaah fungsi komunikasi dan hubungan masyarakat akan sangat terasa manakala perusahaan berupaya mengembangkan usaha dan menghindari situasi yang kurang kondusif dengan lingkungan. Oleh karena itu, bidang komunikasi dan hubungan masyarakat perlu diberikan prioritas dalam dalam perusahaan.sebagi salah satu contoh perusahaan Otsuka Ltd Jepang membentuk bidang khusus komunikasi Ekternal dan hubungan Masyarakat. Dulunya bidang tersebut tidak ada didalam perusahaan. Namun setelah melakukan berbagi evaluasi dan perencanaan kemudian dibentuk tugas yang penting. Hasil positifnya sistem keterbukaan dan motivasi kerja diantara para karyawan perusahaannya menjadi semakin tinggi sebab mereka menegathui berbagai hal yang terjadi diperusahaannya. Keberadaan PR bukan hanya perlu untuk membina hubungan dengan pihak luar namun akan sangat penting untuk memberikan informasi kedalam baik kepada Pimpinan maupun sesama karyawan sendiri. Perusahaan yang berkeinginan menerapkan atau menciptakan suasana nyaman dilingkungannya harus menerapkan prinsip keterbukaan. Disinilah bidang komunikasi dan hubungan masyarakat sangat berperan.
d. PR Sebagai Sebuah Industri
Public Relation sebagai salah satu pilar terpenting dalam komunikasi pemasaran untuk menciptakan reputasi perusahaan, juga mengalami dampaknya. Dalam strategi komunikasi global para praktisi PR memposisikan diri di frontline yang mengkomunikasikan sasaran dan pesan-pesan utama, target Publics dan rencana-rencana perusahaan. PR bukanlah Fungsi manajemen yang berdiri sendiri, bersama sarana pemasaran lainnya akan membentuk Integreted Marketing Comunications, merupakan cara yang paling efektif dalam mengkomunikasikan sasaran dan pesan-pesan utama, targets publics dan rencana-rencana perusahaan.
Integreted marketing communications yang disukung oleh internet, memperkecil error dan miscomunications yang dapat menimbulan kebingungan pelanggan, gabungan upaya-upaya pemsaran ini membantu untuk meyakinkan Targets Publics untuk membeli produk, menggunakan layanan atau berinvestasi.
Tantangan praktisi PR adlah perannya sebagi pengelola dan pendamai sistem nilai, kepercyaan, ideologi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya. Peran ini mesti didukung oleh status PR sebagi interpreter perusahaan dan pencipta social policy yang menempatkan organiztional behavior sebagi panduan. Praktisi PR harus selalu menjadi well-informed person dan strong sense dan harus mempunyai nalar yang tajam dan mempunayi wawasan kosmopolitan dalam arti sensitif terhadap multi kultural dan international yang melingkupi public perusahaan.

2.a. Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi adalah perangkat dan system hasil rekayasa manusia yang digunakan sebagi media transmisi untuk menyampaikan ide, pesan, atau gagasan kepada orang lain
Contoh : Radio televisi, telepon, komputer, internet dll
Dengan perkembangan Teknologi Komunikasi yang pesat menyebabkan banyaknya penemuan yang dapat memudahkan aktivitas dan membantu manusia dalam menagtsi kesulitan yang timbul dari batas jarak, ruang dan waktu.

b. Masyarakat Informasi

Masyarakat Informasi adalah dimana semua negara berusaha agar seluruh pedesaan, lembaga pendidikan, lembaga kesehatan, lembaga masyarakat, lembaga pemerintah dan lain-lain yang terhubung dalam satu jaringan, sehingga interaksi dalam berbagai aspek pembangunan dimana setiap orang dapat membuat, mengakses, memanfaatkan, dan berbagi informasi serta pengetahuan yang memungkinkan setiap individu, komunitas dan masyarakat untuk mencapai potensi mereka dan mengembangkan kualitas hidup.

C. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengiriman kepnerima sehingga pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Dari ketiga uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga unsur tersebut mempunyai kesamaan Visi dalam rangka pencapaian tujuan menuju masyakat Informasi yang moderen dengan ditunjang perkembangan teknologi dibidang Informasi dan telekomunikasi yang semakin pesat. Dimana perkembangan teknologi tersebut membantu manusia dalam mengatasi kesulitan-kesulitan komunikasi yang timbul dari batas-batas jarak dan waktu.

3. Pertentangan Arus Atas dan Bawah akibat Tekonogi Informasi

Cengan cepatnya teknologi yang berkembang dan masuk kemasyarakat kita maka pola hidup masyarakat pun berubah dari masyarakat agraris berubah menjadi masyarakat industri moderen, dari lamban ke era yang serba cepat, dari berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialistis. Melalui teknologi informasi kita dapat mengolah dan menyebarkan informasi yang dikombinasikan antara komputer dan teknologi komunkasi. perubahan yang terjadi dimasyarakat belakangan ini membawa pengaruh kepada sistem media Informasi yang ditandai dengan pro dan kontra atau pertentangan antara arus atas ( minoritas dan arus bawah ( mayoritas ) maupun kelompok terpinggirkan. Karena ada dorongan kuat dari masyarakat untuk menekan atau meminimalisir segala bentuk pengawasan yang tidak terbuka atau tidak transparan dari pihak tertentu dengan segala kompleksitas kehidupan sosial, ekonomi, dan budayanya, dan juga menolak beberapa regulasi terhadap media yang dirasa menyulitkan akses masyarakat. Salah satu contoh yang dapat diambil saat ini adalah penggunaan internet yang sudah menyebar begitu luas di masyarakat perubahan yang ditimbulkan antara lain pola aktifitras masyarakat mengalami perubahan dengan makin banyaknya profesi yang terkait dengan pemanfaatan internet yang digunakan sebagi bagian dari pekerjaan. Dari penggunaan internet masyarakat lebih statis dan tidak membutuhkan pengaloksian lahan khusus untuk melakukan aktivitas. Dampak sisi negative yang ditimbulkan dari maraknya penggunaan internet adalah semua orang dapat mengakses infromasi apapun dari internet, bahkan informasi yang tidak layak diterima oleh anak-anak yang belum matang secara psikologis. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pikiran si anak, karena belum mampu berfikir matang mengenai infut yang diterimanya sehingga kerusakan pada sikap dan perilakupun tidak dapat dihindari. Ini mungkin sedikit gambaran tentang pertentangan arus bawah dan arus atas serta golongan terpinggirkan sebagai dampak dari perkembangan Teknologi Informasi************

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Teknologi Public Relation"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top