Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan

Banner Iklan
728x90

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Pandangan Islam terhadap Hari Valentine


Pertama, Valentine merupakan ritual keagamaan yaitu agama Kristen, sehingga Valentine merupakan ibadah bagi agama Kristen, bukti bahwa Valentine sebagai ritual agama Kristen adalah ritual Valentine tersebut dikukuhkan oleh seorang Paus yaitu Paus Galasius untuk memperingati dua orang yang diberi gelar orang suci oleh orang-orang Kristen. Bagi Muslim mengikuti Valentine tersebut adalah sama dengan mengikuti peribadatan orang Kristen, di samping itu ada bahaya yang lain yaitu sinkretisasi antara agama Islam dan Kristen, Allah I telah memerintahkan kita untuk tidak mencampuradukkan ajaran agama Islam dengan ajaran agama manapun termasuk Kristen :
Bagimu agamamu, bagiku agamaku. QS. 109:1-6
Kedua, Valentine untuk memperingati/memuja dewi Juno adalah ritual yang dilakukan oleh orang-orang romawi Kuno yang menyembah berhala/dewa, sehingga mengikuti ritual ini dapat bernilai kesyirikan seperti yang dilakukan oleh orang-orang Romawi Kuno yang menyembah berhala.
Bedakan diri kalian dari orang-orang Musyrik. HR. Bukhari-Muslim
Ketiga, Valentine sebagai sarana untuk mencari jodoh oleh orang-orang Eropa, mereka bertahayul bahwa kasih sayang akan mulai bersemi pada tanggal 14 Pebruari, tahayul adalah salah satu bentuk kesyirikan, sehingga haram hukumnya bagi umat Islam untuk mengikutinya.
Keempat, Valentine sebagai media barat telah diakui daya rusaknya terhadap tatanan masyarakat timur apalagi Islam, mengiktui Valentine bukan saja sekedar pesta untuk menyatakan kasih sayang, tetapi juga pesta yang mau-tidak-mau harus mengikutkan budaya yang lainnya, pergaulan bebas, fashion, pakaian minim, ciuman antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya, hidup glamour, materialistis, dansa-dansa, mengumbar nafsu dan lain-lain.
Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, ia akan termasuk golongan mereka. HR. Ahmad
Tidak dapat dipungkiri lagi, Valentine adalah salah satu pintu masuk untuk menjadi sama dengan mereka.
Itulah jatidiri Valentine dan kedudukannya terhadap agama Islam, banyak para muda-mudi yang mengikuti Valentine hanya sekedar ikut-ikutan dan tidak mengetahui apa dan bagaimana Valentine yang sesungguhnya, mereka ikut hanya karena pernah melihat ada yang jualan kartu Valentine atau menerima kartu valentine, atau karena pernah diajak temannya ikut acara Valentine, atau karena pernah melihat propaganda Valentine di majalah-majalah, tv, film dan lain sebagainya, terhadap sikap para muda-mudi yang mengikut saja terhadap apa yang tidak diketahuinya, Allah SWT telah memberikan peringatan :
Dan janganlah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. QS. 17:36



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
10 Komentar untuk "Pandangan Islam terhadap Hari Valentine"

jangan suka berantem ya nak!

Anonymous
delete

parah banget sih !
nyindir orang Katolik ama Kristen banget !

Anonymous
delete

Oww..! baru tau gw klo valentine itu di haramkan bwat kaum muslim (orng islam)... alhamdulillah gw slama ini kagak pernah ngeraya'in yg namanya hari valentine :D maklum gk pernah pny pacar 8-}

bwat gw, hari kasih sayang itu memang penting! tp tdk hny di lakukan pada waktu tertentu saja (14 februari) melainkan setiap harinya :-*


Thanks a'lot bwat himbauan yg baik ini bro! biar kadar keislaman para orng muslim (hamba Allah) zaman skr tdk semakin menipis :X

By.IvanLeonhart

Anonymous
delete

gk usah mendiskriminasikan gtu dunk...
valentine itu tergantung dari lo az..mungkin lo az yg selalu nafsu ma lawa jenis klo ada acra kyk gtuan...

Teman2..
Budaya Valentine tuh nggak termasuk budaya agama Kristen baik Protestan,Katolik n Ortodoks.Melainkan suatu budaya dari luar Gereja..
Jadi yang berhubungan dengan Barat belum tentu berhubungan dengan agama Kristen.
INGAT! Bahwa sekarang ini mayoritas orang Barat sudah menganut Atheisme,,bukan Kekristenan lagi.
Disana agama sudah tidak berperan terlalu penting.
Sedangkan filsafat disana semakin maju.


Terlebih itu,,baik agama Nasrani yang ada di Yerusalem,Lebanon,Syiria,Rusia dan agama2 Nasrani dari non-Barat.TIDAK PERNAH mengadakan acara2 Valentine seperti itu.
Terbukti BAHWA agama Nasrani TIDAK pernah memiliki KALENDER RELIGIUS untuk VALENTINE!!!.

Memang sejarahnya Valentine dicetuskan oleh orang yang juga berasal dari agama Nasrani oleh Santo Valentinus untuk meluruskan dan membersihkan pengaruh gelap budaya yang SEBETULNYA,,TAPI SEJARAH SEBENARNYA SEBELUM JAUH ADANYA AGAMA NASRANI BAHWA
VALENTINE SEBELUMNYA TELAH DISELENGGARAKAN UNTUK AGAMA2 PAGAN DENGAN MERITUALKAN DARAH PERAWAN..

JADIII!!!!
VALENTINE ITU BUKAN NASRANI DAN VALENTINE ITU MURNI BUDAYA BARAT TANPA CAMPUR URUSAN AGAMA NASRANI.

PAUS(GEREJA KATOLIK) dan GEREJA PROTESTAN SERTA GEREJA ORTODOKS melarang penggunaan hari2 selain hari2 keagamaan di agama Nasrani.
JADI TIDAK PERNAH orang NASRANI merayakan VALENTINE DI GEREJA,dan GEREJA MELARANG PERAYAAN DI DALAM GEREJA,,karena itu merupakan BUDAYA PENGARUH BARAT.

SO jngan SOK TAHU DULU…
CARI ILMU,BARU BERPENDAPAT!!!

EHMM BUAT TMEN2KU MUSLIM,,,
MENGAPA HARI RAYA IDUL FITRI SELALU DIWARNAI MAAF-MEMAAFKAN,,???
BUKANNYA HARI MAAF-MEMAAFKAN SETIAP HARI SELALU BISA DISELENGGARAKAN,,??

JADI KALIAN MEMAAFKANNYA PADA SAAT IDUL FITRI YAH??
KACIAN BNGET HRUS MAAF2AN NUNGGU LEBARAN.

KLO AKU SIH SETIAP HARI SELALU MEMAAFKAN ORANG ,, TERMASUK BUAT ORANG YG MEMBUAT POSTINGAN INI..
THX DEHH

CARI ILMU SEBENAR2NYA,,LALU BERPENDAPATLAHH!!!!!!!!!

Anonymous
delete

teman2 Valentine adalah hari kasih syang,bukannya kita hanya ber kasih sayang pada hari itu... Namun hanya memperingati saja,untuk mengingatkan kita akan kasih sayang..
Apakah kita hanya belajar saat Hari pendidikan Nasional sja?
Atau bermaaf maaf an di hari Idul Fitri saja?
Setiap momen penting selalu ada hari peringatannya,untuk mengingatkan kita...

Selain itu,tidak selalu hari valentine diwarnai tingkah2 mesum seperti yang anda kira..
hanya segelintir orang saja, selain itu juga banyak ciuman,glamour,dst pada hari lain..

Mungkin hanya beberapa orang kolot yang tidak ingin berkembang,yang hanya menganggap kelompoknya atau negaranya paling baik dan benar..
bukankah Allah anda juga berkata bahwa manusia tiada yang sempurna?maka tugas kita ialah saling melengkapi 1 sama lain,jangan fanatik,ingat dunia milik kita bersama ,bukan kalian sendiri.

alhamdulillah slama gua hdup d'dunia gua kgak prnahh ngrayain hari valentine n ini bru tw jga lw hari valentine itu d'haramkn bagi kaum muslim (orang islam)

Anonymous
delete

“Dan jika kamu menuruti
kebanyakan orang-orang di
muka bumi ini, niscaya mereka
akan menyesatkanmu dari jalan
Allah. Mereka tidak lain hanyalah
mengikuti prasangka belaka, dan
mereka tidak lain hanyalah
berdusta (terhadap
Allah) .” (Surah Al-An’am : 116)

Anonymous
delete

sukron Jazilan..!
atas infonya Ang, moga bermanfaat n kualitas generasi islam lebih yahuud..!

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top