Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Contoh Proyek Tugas Akhir

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Proyek tugas akhir ( Project Work ) adalah suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) ditingkat III, Project Work ini bertujuan untuk melatih siswa-siswi untuk lebih matang lagi dibidangnya masing-masing.
Project Work terdiri dari beberapa judul antara lain : Pengelolaan Dokumen, Pengololaan Aktivitas Pimpinan, Public Relations, Jasa Pengetikan dan Even organizer
Diantara 5 judul tersebut penyusun memilih Event Organizer karena ingin belajar merencanakan suatu acara dan ingin mengetahui lebih dalam lagi kegiatan tersebut.
Pada dasarnya laporan proyek tugas akhir ( Project Work ) ini disusun sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian akhir Nasional (UAN) Tahun diklat 2006/2007.
Laporan ini disusun sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan penyusun, yaitu kegiatan Event Organizer dengan membuat tournament dengan tema “Turnament Futsal Pelita Bangsa Cup II.”

TUJUAN PENYUSUNAN LAPORAN

Sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti ujian akhir.
Sebagai bukti bahwa penyusun telah melaksanakan kegiatan proyek Tugas akhir (Project Work) yang berjudul Event organizer.
Sebagai pertanggung jawaban secara tertulis mengenai kegiatan,yang akan dilaporkan yaitu mengenai fakta yang menyangkut semua aspek kegiatan Project Work.
Tujuan Event Organizer

Membantu kelancaran suatu acara serta mengorganisir suatu acara sehingga acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Mengatur, mengolah dan mengorganisir suatu acara sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang direncanakan.
Membuka usaha dibidang jasa yang dapat membantu masyarakat maupun perkantoran dalam memprogram suatu acara.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Adapun waktu dan tempat pelaksanaan Proyek Tugas Akhir (Project Work) dilakukan selama 2 Bulan dari 2 januari sampai dengan 1 maret 2007 dan bertempat di SMK Pelita bangsa Jl. K.H.Hasyim Ashari/ Tugu Karya No. 1A Cipondoh Tangerang Banten.


Alat dan Bahan

Alat-alat yang digunakan yaitu :


No. NAMA PERALATAN SPESIFIKASI BANYAKNYA
1 Komputer MS. Word 1 Unit
2. Printer HP Type 3535 1 Unit
3. Alat Tulis / ATK Pulpen, pensil, penghapus Disesuaikan
4. Meja - 3 buah
5. Kursi - 7 buah
6. Wireless - 1 Buah
7. Sound system - 1 Buah
8. White board - 3 Buah
9. Bola - 4 Buah
10. Gawang - 2 Buah
11. Pengatur suara - 1 Buah
12. Kursi panjang - 4 buah
13. Microphone - 1 Buah


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya. Sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan tugas akhir (Project Work) yang berjudul Event Organizer tentang penyelenggaraan Turnamen dengan tema “Turnamen Futsal Pelita Bangsa Cup II” yang telah diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2007 lalu, dan dapat diselenggarakan dengan baik walaupun masih banyak kekurangan.
Dalam penyusunan laporan tugas akhir (Project Work) ini, penyusun telah dibantu oleh beberapa pihak, dan pada kesempatan ini izinkan penyusun untuk mengucapkan terima kasih kepada :
Bapak Luthpi Hidayat, S.Pd, Selaku Kepala SMK Pelita Bangsa
Bapak Zaenal Abidin, S.Pd, Selaku Penguji Intern.
Ibu Tri Maningsih, S.Pd, Selaku Pembimbing.
Bapak Andri Raharja, A.Md, Selaku Penguji Ekstern dari PT. HI-LEX INDONESIA.
Bapak/Ibu Guru SMK Pelita Bangsa.
Staf/Karyawan SMK Pelita Bangsa.
Orang tua dan teman-teman yang senantiasa memberi dorongan dalam menyelesaikan laporan ini.
Penyusun menyadari bahwa Laporan Proyek Tugas Akhir masih belum sempurna oleh karena itu penyusun mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi sempurnanya laporan ini.
Penyusun berharap semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi penyusun dan pembaca pada umumnya.

Tangerang, Maret 2007


Penyusun
Faktor Pendukung

Adapun beberapa faktor pendukung dalam penyelenggaraan Futsal antara lain:

Penyusun dan team Event Organizer memiliki semangat dan tekad yang kuat dalam melaksanakan kegiatan tersebut dan tidak putus asa
Tersedianya alat dan bahan yang diperlukan
Adanya keinginan dan kemauan yang disertai oleh keyakinan dan usaha yang sunguh-sungguh.


Faktor Penghambat

Adapun penyelenggaraan Futsal, terdapat faktor penghambat antara lain :

Kurangnya disiplin waktu.
Kurangnya pengalaman dalam melaksanakan kegiatan Futsal
Kurangnya persedian dana
Kurangnya persipan mental yang kuat
waktu pelaksanaan kurang tepat,karena bertepatan dengan jam pelajaran serta banyaknya tugas dari sekolah.

Manfaat Yang Dirasakan

Manfaat yang dirasakan penyusun selama melaksanakan Proyek Tugas Akhir (Project Work) adalah penyusun dapat memperoleh pengalaman dan ilmu pengetahuan di bidang Event Organizer. Penyusun juga dapat mengetahui bagaimana cara mengolah, mengatur dan memprogram suatu acara. Oleh karena itu penyusun lebih percaya diri dalam menghadapi audience.
PENUTUP

KESIMPULAN

Setelah penyusun melaksanakan kegaitan Proyek Tugas Akhir (Project Work), maka dengan ini penyusun dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :

Laporan Proyek Tugas Akhir ( Project Work ) ini harus disertai bukti fisik mengenai laporan kegiatan.
Event organizer adalah usaha dibidang jasa yang mengatur, mengolah,dan mengorganisir suatu acara.


SARAN-SARAN

Demi menyempurnakan syarat-syarat penyusunan laporan, maka dengan ini penyusun memberikan saran-saran sebagai berikut :
Penyusun harap dimasa yang akan datang, para team Event Organizer dapat lebih mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan sesuai kebutuhan
Kepada pihak sekolah harus proaktif membantu team Event Organizer guna terciptanya kekompakan dan kebersamaan antara siswa dan pihak sekolah.
Untuk para peserta diklat yang akan melaksanakan uji kompetensi diberikan bimbingan lebih baik, agar lebih siap serta lebih baik lagi dalam melaksanakan uji kompetensi.
PROSES PENGERJAAN

Dalam kegiatan “Turnament Futsal Pelita Bangsa Cup II” langkah pertama yang penyusun lakukan adalah pembentukan panitia penyelenggara yang hasilnya terlampir pada laporan ini. Kemudian membuat konsep proposal kegiatan dan diikuti dengan pengetikan proposal kegiatan, lalu membuat konsep surat undangan dan diikuti dengan pengetikan surat undangan tersebut, kemudian penyusun melakukan penyetoran dan distribusi undangan dan membuka pendaftaran yang dimulai pada tanggal 8 Pebruari s/d 16 Pebruari 2007.
Akan tetapi dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut terdapat sedikit hambatan yaitu dikarenakan kondisi lapangan yang tidak dapat digunakan dan kondisi cuaca yang kurang mendukung, sehingga kegiatan tersebut terpaksa harus diundur. Yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2007 menjadi tanggal 19 Februari 2007.
Setelah pendaftaran ditutup dan akhirnya mendapatkan 9 team, penyusun melaksanakan technical meeting pada hari Jum’at tanggal 16 Februari 2007 diruang Aula SMK Pelita Bangsa pada pukul 14.00 WIB. Pertandingan dibuka oleh Bapak Didik Julianto S. Kom secara simbolis yaitu menendang bola. Dan ditutup oleh Bapak Luthpi Hidayat, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Pelita bangsa. Setelah selesai pertandingan penyusun membuat laporan hasil kegiatan.

HASIL YANG DICAPAI

Penyelenggaraan turnamen Futsal Pelita Bangsa Cup II 2007 dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang direncanakan.
Mendapat respon yang positif dan juga kritik yang membangun dari semua pihak yang membantu terselenggaranya acara ini.
Bahan-bahan yang digunakan :


No. NAMA BAHAN SPESIFIKASI BANYAKNYA
1. Kertas HVS A4 70 Lembar
2. Map Stpmap Folio 2 Lembar
3. Format-format Daftar hadir, Surat keluar 2 Lembar


PENGEMBANGAN TINDAK LANJUT

Untuk pengembangan/tindak lanjut dimasa yang akan datang, penyusum akan lebih meningkatkan lagi persiapan-persiapan yang diperlukan untuk acara turnamen Futsal agar acara tersebut berjalan lebih spektakuler dari sebelumnya, dan sesuai dengan schedule yang telah ditetapkan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "Contoh Proyek Tugas Akhir"

keren tulisannya, pantesan mudah di index

Anonymous
delete

Gak Pantas, Jelek Banget

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top