Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Film Apa yang Paling Seram?

Gara-gara Halloween jatuh setiap tanggal 31 Oktober, maka sepanjang bulan Oktober seakan-akan menjadi bulan horor. Bioskop dan stasiun-stasiun tivi pun menayangkan film-film seram. Tapi tahukah kamu film-film seram mana saja yang dijadikan rujukan oleh film-film horor kontemporer?

Ketika Norman Bates, dengan berdandan ala perempuan tua, masuk ke kamar mandi dan menikam berkali-kali Janet Leigh dengan pisau dalam film Psycho produksi 1960, maka berubahlah genre film horor. Film garapan Alfred Hitchcock ini menciptakan revolusi dalam cara penyajian. Oleh Hitchcock, pembunuhan ditampilkan begitu vulgar. Darah berceceran di mana-mana. Kengerian pun menyusup hingga ke tulang. Sejak saat ini film-film horor yang sebelumnya hanya mengandalkan wajah-wajah seram semacam Frankenstein dan Dracula menjadi basi.

Sesudah Psycho, film horor kemudian tidak hanya vulgar dalam adegan bunuh-membunuh, tapi juga mulai mencampurnya dengan seks. Suka atau tidak, gaya semacam ini nyaris menjadi formula sukses film-film horor berikutnya. Gaya penyajian menjadi sama penting dengan substansi film, dan para pembuat film seakan-akan berlomba menemukan cara baru untuk menimbulkan kengerian pada para penonton.

Film horor sukses adalah film horor yang mampu melestarikan rasa ngeri selama bertahun-tahun, dan setiap kali kamu menontonnya kembali, kengerian itu tetap muncul. Berikut ini, dari kompilasi berbagai sumber, simaklah 10 film horor yang dianggap "suhu" dalam genrenya. Boleh setuju, boleh nggak. Atau kamu punya pilihan lain?

1. Psycho (1960)
Film yang membuat penonton menjerit-jerit di dalam gedung bioskop ini nyaris kena gunting sensor. Hitchcock menampilkan sosok penjahat yang sama sekali "baru" di mata penonton horor. Penjahat tidak harus tampil bercaling, berambut dan berkuku panjang seperti leak di Bali, tapi penjahat bisa juga kalem dan penuh simpati. Justru lewat penyajian seperti inilah penonton merasakan horor sampai ke sumsum tulang mereka.

2. Repulsion (1965)
Dalam film garapan Roman Polanski ini, Catherine Denueve bermain sebagai gadis muda yang gairah seksualnya terpendam dan butuh penyaluran. Gadis ini kemudian mengalami delusi, terperangkap dalam fantasi-fantasinya. Cobalah nonton film ini sendirian dengan lampu kamar dipadamkan. Seberapa lama kamu tahan?

3. Night of the Living Dead (1968)
Sekelompok anak terperangkap di sebuah rumah peternakan dan diburu oleh zombi-zombi. Meskipun masih bergaya klasik, adegan sadis dalam film yang disutradarai oleh George Romero ini benar-benar bikin histeris. Teror ditebar sepanjang durasi film.

4. Suspiria (1977)
Kisah tentang seorang penari balet Amerika yang pergi ke Eropa dalam film ini mungkin nggak masuk akal, soalnya ada sihir-sihirnya, tapi sutradara Dario Argento berhasil menciptakan horor lewat ilustrasi musik dan adegan-adegan pembunuhan.

5. Nightmare on Elm Street (1984)
Film ini mungkin film horor paling terkenal, selain karena sekuelnya banyak, juga karena dibuat versi serial tivi. Siapa yang nggak kenal Freddy Krueger si monster pembunuh? Lewat karakter inilah Wes Craven berhasil menghantui anak-anak setiap menjelang Halloween. Orang-orang tua Amerika juga seringkali menakut-nakuti anak mereka yang bandel dengan menyebut nama Freddy. Ditanggung, deh, anak-anak langsung menuruti perintah orang tua.

6. The Texas Chainsaw Massacre (1974)
Dalam perjalanan menuju Texas, sekelompok anak muda bandel bertemu dengan satu keluarga aneh. Tidak banyak darah berceceran dalam film ini, tapi sutradara Tobe Hooper menampilkan perilaku kejam dan tidak manusiawi yang sangat menyiksa batin penonton.

7. Don't Look Now (1973)
Donald Sutherland dan Julie Christie berlibur ke Venesia untuk melupakan tragedi yang menimpa anak mereka. Tapi bayangan sang anak terus menghantui. Teror psikologis ini menimbulkan rasa frustasi dan disorientasi. Sutradaranya adalah Nicolas Roeg.

8. Halloween (1978)
Film garapan John Carpenter ini banyak mendapat resensi negatif, tapi suspens yang disajikan harus diakui oke banget. Sejak adegan awal saat si bocah Michael Myers membuntuti pembunuh saudaranya, ketegangan sudah terasa. Penonton jadi waswas menantikan kejadian apa yang bakalan menimpa bocah ini, apalagi di dalamnya banyak ditampilkan adegan dalam kegelapan.

9. The Exorcist (1973)
Teror yang ditampilkan dalam film ini bukan terletak pada adegan kesurupan, tapi pada ketidakberdayaan sang orang tua dalam menyelamatkan putri kecil mereka yang kerasukan setan. Mungkin bukan horor yang disukai anak-anak atau remaja, tapi film William Friedkin ini pasti menimbulkan teror di kalangan orang tua.

10. Eraserhead (1977)
Inilah tipe klasik film horor sebelum Psycho. Garapan David Lynch ini memang agak-agak nggak masuk akal. Makanan diperlihatkan bisa beterbangan dan kesunyian yang mencekam dieskploitasi habis-habisan. Tapi tetap saja penonton merinding menyaksikannya.

Gaya kesepuluh film ini, entah itu sendiri-sendiri atau dicampur satu sama lain, kemudian menjadi kiblat film-film horor Hollywood sampai hari ini. Ternyata, menciptakan kengerian adalah bisnis yang mengasyikkan dan menggiurkan. Sudah tak terhitung berapa juta dollar yang telah masuk ke kantung studio-studio Hollywood dari bisnis horor ini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Film Apa yang Paling Seram?"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top