Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Perang Di Bosnia Menelan Korban

Sebuah penelitian mengungkap korban jiwa Perang Bosnia hanya separuh dari yang dikira. Selama tiga tahun, 1992-1995, perang Bosnia membunuh 97.207 orang. 66 Persen adalah muslim.”Paling kurang 97.207 tentara dan orang sipil terbunuh selama perang,” ungkap Mirsad Tokaca dari LSM Pusat Riset dan Dokumentasi, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (22/6/2007).Tokaca menyebutkan, penelitian yang berlangsung selama 4 tahun itu menemukan 3.300 korban adalah di bawah umur 18 tahun, termasuk bayi. 66 Persen korban meninggal adalah muslim Bosnia, 26 persen Serbia dan 8 persen Kroasia.

Dengan menggunakan ratusan sumber yang berbeda, LSM ini membuat sebuah bank data raksasa yang terdiri dari nama dan informasi lain dari korban seperti foto.

“Tujuan riset ini untuk mengurangi ruang manipulasi jumlah korban peran,” kata Tokaca yang penelitiannya dibiayai Kementerian Luar Negeri Norwegia itu.

Lebih dari 40 persen korban adalah warga sipil. Setengah dari korban itu meninggal di awal perang, ketika pasukan Serbia yang dibantu tentara Yugoslavia mengambil alih dua pertiga Bosnia.

Selain akibat perang langsung, LSM ini juga mengumpulkan data korban perang secara tidak langsung. Akibat tidak langsung ini misalnya fasilitas kesehatan yang minim.

Contohnya, terdapat 12 bayi yang meninggal di rumah sakit karena kekurangan oksigen. 6 Orang meninggal karena bantuan yang dikirim melalui udara jatuh menimpa mereka.

Tiga ahli kependudukan internasional menyatakan bank data tersebut akurat dan dapat dipercaya, sehingga bisa disebut sebagai “Kitab Kematian Bosnia”. Salah satu ahli itu adalah Ewa Tabeau yang merupakan penuntut umum International Criminal Tribunal for the former Yugoslavia (ICTY) PBB yang bermarkas di Den Haag, Belanda.

Untuk diketahui, berdasarkan sensus 1991, populasi Bosnia sebelum perang adalah 43 persen muslim, 31 persen Serbia dan 17 persen Kroasia.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Perang Di Bosnia Menelan Korban"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top