Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Qupid, siapa tuh ?

Bulan Februari suda tiba, suasana valentine pun sudah mulai terasa, banyaknya penjual pernak-pernik valentine di mal-mal bahkan di pinggir-pinggir jalan. "Tokoh" Valentine yang selalu mempunyai pengaruh besar dalam setiap perayaan Valentine's Day ialah Cupid. Cupid merupakan simbol Valentine yang sangat terkenal dan setiap orang tahu bahwa Cupid digambarkan seperti seorang anak laki-laki kecil yang dilengannya selalu terdapat busur dan anak panah, dan menusukkan panah-panah tersebut ke dalam hati orang sehingga orang tersebut merasakan cinta keluar dari dalam hatinya. Panah Cupid melambangkan hasrat/ keinginan/ nafsu dan emosi cinta; Cupid ingin panah- panah itu jatuh dihati para dewa dan manusia sehingga mereka dapat saling jatuh cinta. Menurut Mitos Yunani kuno, Cupid dikenal sebagai Eros, anak Aphrodite, dewa cinta dan kecantikan. Bagi bangsa Roma, dia dikenal sebagai Cupid, anak Venus -dewa cinta bangsa Roma.
Ada 1 cerita yang menarik tentang Cupid dan calon istrinya yang adalah manusia, Psyche. Menurut mitos bangsa Roma, Venus cemburu oleh kecantikan paras Psyche, dan menyuruh Cupid untuk menghukum manusia. Namun sebaliknya, Cupid jatuh cinta kepada Psyche. Dia menjadikan Psyche sebagai istrinya, tapi sebagai seorang manusia dia dilarang untuk menatap wajah Cupid. Psyche saat itu sangat bahagia sampai pada suatu waktu saudara-saudara perempuan Psyche membujuk dia untuk menatap wajah suaminya yang adalah seorang dewa itu. Bujukan tersebut membuahkan hasil yang menyakitkan, Cupid marah dan menghukum dia dengan meninggalkannya. Kastil dan taman yang mewah ikut lenyap pula. Psyche benar-benar sendiri.
Hasrat untuk menemukan cintanya kembali membuat dia pergi ke kuil dewa Venus. Venus, yang dari awalnya ingin menghancurkan Psyche tidak melewatkan kesempatan yang ada. Dia memberikan sebuah paket tugas dimana setiap paketnya sulit dan semakin berbabaya hingga pada akhimya berujung dengan kematian. Di akhir tugasnya, Psyche diberi sebuah kotak kecil dan disuruh membawanya ke dasar bumi agar Psyche dapat memperoleh kecantikan dewa Proserpine, istri Pluto, dan meletakkannya kedalam kotak kecil tersebut. Selama didalam perjalanan pulang, Psyche diberi saran untuk tidak membuka kotak itu. Namun dia tidak tahan dan membuka kotak kecil yang dibawanya.
Bukannya menemukan kecantikan melainkan obat tidur abadi. Cupid menemukan Psyche tidur tergeletak ditanah, lalu dia mengumpulkan hawa tidur yang telah diserap oleh istrinya itu kembali ke kotak semula. Cupid memaafkan istrinya demikian juga dengan venus. Rasa cinta Psyche terhadap Cuid menjadikan dia seorang dewi. Hari ini, Cupid dan panah-panahnya menjadi sangat terkenal dalam lambang-lambang cinta, dan cinta, saat ini dilambangkan dengan 2 hati yang ditusuk oleh sebuah panah, yaitu panah Cupid.
Dengan kemajuan jaman sekarang ini arti Hari Valentine banyak disalah artikan, "Sekarang Hari Valentine nuansanya cenderung romantis dan erotis," tutur dr Andik. Seksolog Surabaya, ia menunjuk meluasnya anggapan hari Kasih Sayang sebagai hari kasih sayang antara laki-laki dan perempuan, dan di balik kegembiraan anak muda merayakan Hari Valentine, tersembunyi bahaya besar, yaitu penularan HIV/AIDS hingga kehamilan tak dikehendaki.
Ia menunjuk meluasnya anggapan hari Kasih Sayang sebagai hari kasih sayang antara laki-laki dan perempuan, sehingga di toko maupun pusat perbelanjaan dijual aksesoris maupun simbol kasih sayang semacam itu. Misalnya, bunga dengan pita merah jambu hingga kartu ucapan.
Tak hanya itu, dr Andik menyoalkan makanan khas Valentine`s Day berupa coklat yang diyakini ditujukan ke erotisme. Coklat mengandung zat yang disebut Phenyletilamine atau zat yang bisa membangkitkan gairah seksual. Jelas keberadaan coklat bukan tanpa maksud. "Tiap Valentine`s Day, penjualan coklat pasti meningkat, coba saja buktikan," tegasnya.
Di Inggris 14 Februari malah dicanangkan sebagai The National Impotence Day (hari impoten nasional) dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman impotensi 2 juta pria Inggris, sedang di AS lebih parah lagi. 14 Februari ditetapkan sebagai The National Condom Week (pekan kondom nasional). "Maksudnya kampanye nasional penggunaan kondom, karena tiap perayaan Valentine`s Day diikuti peningkatan kasus HIV/AIDS. Padahal tingkat kegagalan kondom mencapai 33,3 persen," imbuh dr Andik.
Bagaimana dengan Surabaya? dr Andik menuturkan, tiga tahun lalu ia diundang sebuah hotel berbintang di Surabaya menghadiri pesta Valentine`s. Bonusnya undangan boleh check in sehari bersama pasangannya dengan jaminan tak dicek identitasnya (suami istri atau bukan).
"Jangan kaget kalau tiga bulan kemudian ada anak gadis hamil di luar nikah atau tertular HIV," tandas dr Andik. Ia mengimbau para orang tua tak ragu memperingatkan anaknya saat mau ke pesta Hari Valentine agar tak terjadi hal tidak yang diinginkan. Dalam hal ini iblis sangat lihai dalam memanipulasi pikiran manusia dengan hal-hal yang dianggap special, contohnya saja Hari Valentine ini, dengan berkedok perayaan Hari Valentine, iblis berusaha menancapkan roh-roh pencabulan pada anak-anak muda yang ingin merayakan Hari Valentine. Di kota-kota besar khusunya Jakarta dan Surabaya, memboking kamar disalah satu hotel untuk merayakan hari Valentine dengan pasangannya adalah hal yang sudah biasa.
Hari Valentine harus dikembalikan ke makna semula, belajar saling mengasihi, bukan saling menularkan penyakit," tegas dr Andik bertambah luas, dan rasa kasih sayang bukan ditujukan kepada pasangan-pasangan saja, seharusnya rasa kasih sayang yang paling utama ditujukan kepada Tuhan kita Yesus Kristus yang terlebih dahulu mengasihi kita.
Marilah kita belajar untuk membagi-bagikan kasih kepada orang-orang disekitar kita, bukan hanya kepada pasangan kita, tapi juga kepada orang tua, saudara, sahabat, atau teman, dan berikanlah kasih-kasih yang berasal hanya dari Allah seperti yang ada dalam I Kor 13:4-7, dan waspadalah terhadap kasih-kasih yang sesat yang berasal dari iblis. II Korintus 11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.


Yeremia 31:3 Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu
(sumber :internet, ant)
©Hx'03
[http://www.bethany-media.org/wsn/pubs/qupid.php]
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Qupid, siapa tuh ?"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top