Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Robot Bantu Orang yang Tersesat di Keramaian




Fransiska Ari Wahyu - detikinet

Osaka, Jepang - Seringkali ketika sedang asyik berjalan-jalan di pusat keramaian, seseorang tersesat dan tidak tahu jalan menuju pintu keluar. Sebuah robot bernama Robovie diciptakan oleh Advanced Telecommunications Research Institute (ATR), untuk membantu orang yang sedang tersesat di mall atau supermarket.

Tampang robot ini boleh dibilang agak menyeramkan tapi juga imut pada saat yang bersamaan. Robot berwarna putih ini menggunakan roda untuk bergerak dan memiliki tinggi kurang lebih sama dengan tinggi anak remaja.

Pada uji coba yang dilakukan di Universal Citiwalk, Osaka, robot ini bisa mengamati 20 orang dalam waktu yang bersamaan. Hal itu dimungkinkan oleh adanya 16 kamera, 6 laser pengukur jarak, 9 pembaca label RFID (Radio Frequency Identification) yang dipasang di area pengawasan Robovie. Perangkat-perangkat tersebut berfungsi sebagai mata dan telinga tambahan.

Dalam uji coba itu, Robovie membaca reaksi 20 orang di bawah pengawasannya. Kemudian, ia mengelompokkan orang-orang ini ke dalam sepuluh kategori berbeda, seperti sedang menunggu, berlari, berjalan cepat, berkeliaran dan sebagainya.

Dari kategori itu, si robot ini akan mampu mengidentifikasi orang mana yang sedang tersesat. Robovie akan menghampiri orang tersebut untuk menanyakan apakah sedang tersesat, jika orang tersebut menjawab 'iya', Robovie akan menunjukkan arah.

Namun, jika ternyata orang yang dihampirinya tidak sedang tersesat, robot tersebut akan merekomendasikan beberapa toko atau restoran terdekat. Demikian seperti dikutip detikINET dari Yomiuri Shimbun, Rabu (30/1/2008). ( wsh / wsh )
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
5 Komentar untuk "Robot Bantu Orang yang Tersesat di Keramaian"
Anonymous
delete

kalo ngusir robotnya bisa g?

waaa.. keren.... ^_^

Emm.....
Manusia memang banyak ide nya ya...

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top