Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Rusia Boyong Superkomputer AS

Moscow - Salah satu superkomputer paling bertenaga di dunia telah diboyong oleh sebuah universitas di Rusia. Mesin super tersebut adalah superkomputer besutan IBM yang memiliki kemampuan pengolah data dengan kecepatan 27,8 miliar per detik.

Ini adalah kali pertamanya sebuah teknologi super dikirim ke Rusia oleh IBM, perusahaan komputer raksasa asal Amerika Serikat (AS).

"Kesepakatan dengan IBM ini melambangkan sebuah era baru bagi supercomputing di Rusia," tandas Viktor Sadovnichiy, rektor Moscow State University, yang membeli superkomputer tersebut. Pihak Moscow University harus merogoh kocek sebesar USD 5 juta (USD 1 = Rp 9335, sumber detikcom) untuk membeli dua superkomputer, yang memiliki kecepatan 2.600 kali lebih cepat dari PC tercepat pada umumnya.

Menurut IBM, superkomputer yang dijual ke Rusia itu telah mendapat lisensi ekspor dari AS asalkan cuma untuk kepentingan penelitian saja.

Meski diklaim IBM, superkomputer tersebut masuk dalam jajaran 50 besar dunia, namun yang nomor satu tetap saja Blue Gene, superkomputer milik Departemen Energi AS yang dipakai untuk memantau persediaan senjata nuklir.

Versi Blue Gene yang digunakan pemerintah AS hampir 20 kali lebih bertenaga daripada superkomputer yang dibeli Moscow.

Sumber : detikINET
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Rusia Boyong Superkomputer AS"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top