Yudhi'm Blog

Blog yang berisi berbagai macam tulisan & tutorial umum. Enjoy the blog here!!!

Banner Iklan1

Banner Iklan1
Sudahkah keluarga Anda terlindungi?

Banner Iklan

Banner Iklan
970x90

Mata Cinta Kopi Asin

Oleh Ingrid Permata

"Mata cinta kopi asin" berkisah tentang sepasang kekasih yang bertemu dan bisa bersama karena sebuah kebohongan. Dari awal pertemuan mereka sudah diawali oleh kebohongan.Tapi justru kebohongan itulah yg bisa membuat mereka bersama. Awalnya bermula dari sebuah pesta. Sang gadis adalah seorang gadis yang sangat cantik jelita, dan disukai oleh banyak orang. Hampir semua laki-laki di dalam pesta itu ingin mengenalinya. Salah satu dari banyak laki2 itu adalah "Aku". "Aku" adalah seorang laki-laki yang sederhana dengan penampilan yang biasa-biasa saja. Karena itu, ia merasa minder, dan takut kalau-kalau si gadis tidak mau bersamanya. Tapi rasa cinta laki-laki itu dan keingintahuannya mengenai si gadis, tak dapat dibendung lagi. Maka, dengan perasaan gugup dan canggung, Ia pun memberanikan diri untuk berkenalan dengan si gadis, dengan mengajaknya minum kopi bersama malam itu. Karena dengan perasaan gugup, maka tak sepatah katapun keluar dari mulut sang lelaki.Ia bingung memikirkan apa yg harus ia mulai dari awal perbincangan mereka. Lama kelamaan sang gadis-pun merasa bosan, maka ia pun bangkit berdiri, ingin meninggalkan tempat itu. Tapi saat gadis itu ingin angkit berdiri, tiba-tiba sang laki2 berkata "Kopi Asin!". Sang gadis-pun merasa bingung, lalu mlai menanyakan apa maksud laki-laki itu, lalu mereka-pun mulai berbincang-bincang. Hari pun berlalu, lama kelamaan sang gadis menyadari bahwa sang pria adalah pria yang sangat baik, pengertian, dan penuh kasih sayang. Sang gadis-pun mulai jatuh cinta. Lalu lama kelamaan hubungan mereka semakin berlanjut. akhirnya mereka mulai berpacaran, dan menikah. Kehidupan keluarga mereka juga sangat harmonis. Tidak pernah, ada keributan di keluarga mereka. Hari berlal, dan akhirnya mereka-pun menjadi tua. Tak lama kemudian, sang lelaki meninggal. Tapi, ia telah meninggalkan sepucuk surat pada si gadis, Dan mengatakan bahwa itu adalah surat wasiatnya. Lalu saat gadis itu membaca, ia-pun menyadari akan kebohongan yang dibuat oleh sang lelaki, bahwa ternyata yang ia sukai adalah kopi manis bukan kopi yang rasanya asin. Ia lakukan semua kebohongan itu, semata-mata hanya demi si gadis. Supaya ia bisa berkenalan dengan si gadis. Dan ia juga mengatakan kalu sebenarnya sudah lama ia ingin mengatakan semua kebohongan itu, tapi hatinya tak kuasa, dan ia tak sanggup mengatakan semua itu. Mendengar semua pernyataan sang lelaki, si gadis itu hanya tersenyum dan menangis mendengar kata-kata sang lelaki dan ia tetap mensyukuri akan pertemuan mereka, karena karena pertemuan itulah sang gadis bisa bertemu orang sebaik sang lelaki, dan itulah awal hubungan mereka.
Itulah deskripsi ringkas cerpen "Mata cinta kopi asin". Apakah yang menarik dari cerpen ini? Dilihat dari ceritanya, cerpen ini memikat kita. Begitu kita membaca cerita ini, kita langsung dibawa ke sebuah masa percintaan yang mengharukan hati.
Cerita pendek ini mengambil latar waktu pada zaman sekarang, dan pokok persoalannya berkisar pada hubungan antara kedua pasangan yang dipertemukan pada suata pesta malam yang megah. Dengan menampilkan pencerita "aku" yang juga menjadi sang tokoh utama, pencerita langsung membuka diri kepada sang pembaca, sehingga pembaca merasa langsung terbawa, dan terlibat oleh peristiwa-peristiwa yang dalami oleh sang lelaki dan sang gadis. Cara seperti ini memang cara yg sangat tepat untuk menampilkan cerita yang latarnya sangat sesuai dengan masa percintaan yang ada pada zaman sekarang ini.
Hal lain yg perlu disoroti adalah bagimana peristiwa dalam cerpen ini berlangsung. Sekalipun ceritanya sangat simpel, tidak berarti bahwa cerpen ini kehilangan daya pukaunya. Hal ini, misalnya terlihat dari kebohongan sang lelaki dalam menyatakan bahwa ia menyukai kopi asin, dan ternyata inilah yang mengawali hubungan mereka. Meskipun dengan permulaan yang sedikit unik, dan berbeda dari cerpen lainnya, dan teakhir juga disertai dengan ungkapan dari laki-laki kepada sang gadis> Dimana sang gadis tidak marah dan hanya tersenyum, dan justru mensyukuri atas semua kebohongan ini.
Rupanya Pesan "aku" ditempatkan di bagian akhir cerita ini merupakan amanat penting yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca. Apa yang dikatakan "Aku" kepada sang istri merupakan cara lain untuk mengatakan, "Janganlah kamu takut untuk berbohong demi sesuatu yang lebih penting. Jadi jika seandainya kebohongan itu memang diperlukan, maka kita harus melakukannya demi sesuatu yang makna dan artinya jah lebih penting."
Pesan tersebut relevan dengan kondisi percintaan pada zaman sekarang ini. Sekarang, kiranya merupakan zaman dimana masalh cinta dan kepercayaan menjadi salah satu bagian yang paling penting dalam hidup kita. Pengarang melalui cerpen "Mata Cinta Kopi Asin" telah mengangkat sepenggal pngalaman hidupnya akan kehidupan cinta pada masa kini. Suasana pada saat ini-pun tampaknya memang menempatkan cerpen ini pada tempat yang pas, dan sangat merasuki dalam sanubari manusia pada zaman kini.


Sumber : Wisma Cinta
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Mata Cinta Kopi Asin"

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top